Demi Hal Ini, Hanung Bramantyo Tega Memukul Iqbaal Ramadhan

Ari Kurniawan | 11 Juli 2019 | 20:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Usaha keras ditunjukkan Iqbaal Ramadhan untuk mendalami karakter Minke di film Bumi Manusia. Sama sekali tidak mudah, Iqbaal bahkan sempat dipukul oleh Hanung Bramantyo karena dinilai tak bisa mendapat penghayatan yang maksimal.

Hanung Bramantyo mengatakan karakter Minke yang diciptakan Pramoedya Ananta Toer sangat rumit. Alhasil, sulit bagi aktor yang lahir dari dunia yang serbagampang untuk masuk ke dalamnya.

Dijelaskan Hanung Bramantyo, Minke diceritakan sebagai pemuda 19 tahun yang hidup di abad ke-18. Ia dikenal pribadi yang pintar dan berasal dari keluarga berada.

"Satu hal yang tidak dimiliki Iqbaal dalam diri Minke adalah perasaan tertindas atas hukum kolonial yang sangat rasis. Karenanya, sebagai sutradara saya harus menumbuhkan rasa itu. Banyak hal dilakukan aktor dan sutradara dalam menumbuhkan rasa sakit itu. Ada yang dengan semedi, menghadirkan pengalaman batinnya, sambil mendengarkan musik, menceritakan hal-hal sedih, atau ada yang ekstrem dengan cara menyakiti tubuhnya,” tutur Hanung Bramantyo.

Hanung Bramantyo tentu tidak asal memukul. "Saya sengaja melakukan pemukulan dengan menggunakan telapak tangan kebagian tubuh yang tak akan menimbulkan resiko berbahaya, seperti bahu. Fungsinya bukan untuk menyakiti, tapi merangsang Iqbaal agar merasakan rasa teraniaya. Yang harus disadari saat melakukan itu adalah, keduanya harus sepakat bahwa kegiatan itu dilakukan demi kebaikan filmnya," tambahnya.

Selain Iqbaal Ramadhan, Bumi Manusia juga dibintangi Mawar De Jongh, Giogrino Abraham, dan Bryan Domani. Film ini akan diputar serentak di seluruh bioskop Indonesia mulai 15 Agustus 2019, bersamaan dengan film Perburuan, yang juga diangkat dari novel karya Pramodya Ananta Toer.

(ari/bin)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait