Hanung Bramantyo Bayangkan Jokowi Perankan Darsam di Film Bumi Manusia

Ari Kurniawan | 15 Juli 2019 | 06:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menggemari karya Pramoedya Ananta Toer. Dalam akun Facebook pribadinya, Jokowi pernah mengutip kata-kata Pram, "Dalam hidup kita, cuma satu yang kita punya, yaitu keberanian. Kalau tidak punya itu, lantas apa harga hidup kita ini".

Ini membuat sutradara Hanung Bramantyo menganggap sosok Jokowi cocok memerankan tokoh Darsam pada film Bumi Manusia yang diangkat dari novel karya Pramoedya Ananta Toer. Bahkan, Hanung mengaku ketertarikan orang nomor 1 di Indonesia itu pernah disampaikan kepada dirinya.

"Kalau boleh membayangkan Pak Jokowi jadi Darsam itu cocok. Hati-hati ya Pak Jokowi itu kelihatanya lemah tapi beliau itu cukup kuat, keras pendiariannya, kalau sudah A ya A. Makanya cocok jadi Darsam yang bisa begitu. Tinggal nambahi kumis," ujar Hanung Bramantyo kepada wartawan, baru-baru ini.

Lebih lanjut, tentang tulisan Jokowi yang menyampaikan kepada dirinya ingin menjadi Darsam, adalah sebuah dialog imajiner dari penulisnya.

"Itu adalah sebuat respons atas begitu besarnya novel Bumi Manusia. Sehingga membuat orang lain merasa terlibat, mengapresiasi dengan cara masing-masing. Buat saya tulisan itu sangat lucu, sekaligus cerdas karena semacam ada dialog inajiner saya dengan Pak Jokowi,” tutup Hanung.

(ari)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait