Goro-Goro: Mahabarata 2, Produksi ke-158 Teater Koma Sekaligus yang Pertama 2019

Tubagus Guritno | 17 Juli 2019 | 20:50 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Teater Koma didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation kembali menggelar pementasan terbarunya dengan judul Goro-Goro: Mahabarata 2.

Lakon ini merupakan produksi ke-158 Teater Koma dan juga sebagai pentas besar pertama Teater Koma di tahun 2019 dan akan dipentaskan di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki mulai 25 Juli hingga 4 Agustus 2019.  Sebelumnya Teater Koma sukses mementaskan Mahabarata: Asmara Raja Dewa pada November 2018.

Lakon Goro-Goro: Mahabarata 2 berkisah tentang Semar dan Togog yang ditugaskan untuk turun ke Marcapada dan menghamba kepada raja-raja di sana. Semar menjadi panakawan para ksatria yang membela kebenaran, sedangkan Togog menghamba kepada para raksasa penyebar kejahatan.

Semar lalu mengabdi kepada Raja Medangkamulyan, Prabu Srimahapunggung, lalu Togog menghamba kepada Raja Raksasa Kerajaan Sonyantaka, Prabu Bukbangkalan.

Di suatu masa, karena cintanya ditolak, Batara Guru mengutuk Dewi Lokawati menjadi tanaman padi, dan padi itu dianugerahkan kepada kerajaan Medangkamulyan untuk jadi bahan makanan utama Wayang Marcapada. Ketika Medangkamulyan panen padi melimpah-ruah, Sonyantaka malah diserang paceklik, maka Bukbangkalan sangat bernafsu merampok Medangkamulyan. Apakah Sonyantaka akan berhasil menyerang Medangkamulyan?

Menurut Nano Riantiarno, penulis naskah dan sutradara Goro-Goro: Mahabarata 2, Goro-Goro: Mahabarata 2 akan mengajak penonton untuk membayangkan dan memikirkan seperti apa pemimpin yang diinginkan, pemimpin yang mencintai perdamaian demi kenyamanan dan kemakmuran bersama atau justru yang mencintai pertikaian demi meraih kekuasan tertinggi.

"Melalui proses latihan yang diselenggarakan secara rutin sejak Maret 2019 dan juga kolaborasi harmonis antara kostum, tata rias, desain artistik panggung, musik, multimedia, serta kepiawaian para pemain di atas panggung, saya harap pementasan Goro-Goro: Mahabarata 2 dapat menjadi sebuah sajian yang unik dan menarik bagi para penikmat seni. Sehingga kedepannya semakin banyak juga generasi muda yang tertarik untuk ikut berpartisipasi dan terjun ke dalam dunia seni pertunjukan,” ujar Nano Riantiarno.

Pementasan Goro-Goro: Mahabarata 2 kali ini didukung oleh aktor-aktor kawakan seperti Slamet Rahardjo, Idries Pulungan, Budi Ros, Ratna Riantiarno, Sari Madjid, Netta Kusumah Dewi, Rangga Riantiarno, Tuti Hartati, Dorias Pribadi, Ratna Ully, Daisy Lantang, Alex Fatahillah, Raheli Dharmawan, Emanuel Handoyo, Bayu Dharmawan Saleh, Angga Yasti, Dana Hassan, Suntea Sisca, Andhini Puteri, Yulius Buyung, Sir Ilham Jambak, Zulfi Ramdoni, Andhini Puteri Lestari, Indri Djati, dan masih banyak lagi.

Tata busana Rima Ananda bersama tata rias dan rambut garapan Sena Sukarya dibantu konsultan tata rias dan rambut Subarkah Hadisarjana dengan dukungan PAC Martha Tilaar akan berpadu dengan tata artistik garapan Idries Pulungan, tata cahaya besutan Deray Setyadi, latar animasi dan multimedia olahan Deden Bulqini, dimana tata gerak Ratna Ully serta arahan instruktur vokal Naomi Lumban Gaol akan diiringi oleh musik komposisi dan aransemen karya Fero Aldiansya Stefanus.

Lakon ini juga mendapat sentuhan tata grafis Saut Irianto Manik. Semua didukung oleh Pimpinan Panggung Ariffano Marshal, Pengarah Teknik Tinton Prianggoro serta Pimpinan Produksi Ratna Riantiarno, di bawah arahan Co-Sutradara Ohan Adiputra dan Sutradara N. Riantiarno.

Selain mendukung pementasan, Bakti Budaya Djarum Foundation juga berpartisipasi dalam program apresiasi seni pertunjukan Teater Koma. Program yang bertujuan untuk mengajak 200 generasi muda atau milenial di Jakarta untuk menonton pertunjukan Teater Koma.

Menurut Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation, program ini diharapkan dapat memberikan ruang apresiasi bagi masyarakat terutama generasi milenial yang belum pernah menonton karya Teater Koma sebelumnya, sehingga mereka menemukan referensi mengenai sajian artistik serta konsep dramaturgi yang detail dari karya Teater Koma.

“Semoga kelanjutan kisah klasik dari Indonesia yang dikemas secara modern oleh Teater Koma ini, dapat menginspirasi dan mengedukasi para penikmat seni terutama generasi muda agar mereka semakin memaknai ajaran luhur yang tersirat dalam kisah-kisah perwayangan,” ujar Renitasari Adrian.

Lakon Goro-Goro: Mahabarata 2 akan dipentaskan di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki setiap hari, 25 Juli sampai dengan 4 Agustus 2019, pukul 19.30 WIB kecuali hari Minggu, 28 Juli dan 4 Agustus 2019, pukul 13.30 WIB.

Penulis : Tubagus Guritno
Editor: Tubagus Guritno
Berita Terkait