Dituntut Berbahasa Belanda, Iqbaal Ramadhan Sampai Terbawa Mimpi

Christiya Dika Handayani Senin, 12 Agustus 2019 01:00:23
Iqbaal Ramadhan saat gala premiere (Dika / tabloidbintang.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Memerankan karakter Minke dalam film Bumi Manusia, Iqbaal Ramadhan dituntut bisa berbahasa Belanda. Pasalnya, Iqbaal berperan sebagai anak pribumi yang jatuh cinta pada seorang wanita keturunan Belanda - Indonesia.

Dalam filmnya diceritakan, Iqbaal Ramadhan sebagai seorang siswa di Hogere Burgerschool atau disingkat HBS yang merupakan pendidikan menengah umum zaman Hindia Belanda untuk orang Belanda, Eropa dan elite pribumi dengan bahasa pengantar Bahasa Belanda.

Sehingga, Iqbaal Ramadhan harus fasih berbahasa Belanda. Padahal sebelum memerankan Minke, Iqbaal mengaku tak pernah mempelajarinya.

Iqbaal Ramadhan saat gala premiere (Dika / tabloidbintang.com)
Iqbaal Ramadhan saat gala premiere (Dika / tabloidbintang.com)

 
"Sama kayak Mama (diperankan Sha Ine Febriyanti), enggak ada basic (bahasa Belanda) sama sekali," aku Iqbaal Ramadhan dalam jumpa pers di Hotel Majapahit, Surabaya, Sabtu (10/8).

Tapi berkat workshop selama 3 bulan dengan seorang aktris asal Belanda yang juga bermain dalam film Bumi Manusia, Iqbaal akhirnya bisa berdialog berbahasa Belanda. Namun sebelum akhirnya berhasil, pengalaman Iqbaal Ramadhan mempelajari bahasa Belanda tak berjalan mulus.

Bahkan karena terus-terus diulang, Iqbaal Ramadhan sampai terbawa mimpi dan membuatnya mengigau dengan mengucap kalimat berbahasa Belanda.

"Jadi tiga bulan itu setiap habis reading atau sebelum, biasanya ada workshop bahasa Belanda. Terus kami juga sudah merekam di voice note pengucapan, pelafalan, yang baik dan benar. Lalu di rumah didengarkan terus sampai kebawa mimpi kayaknya, ngigaunya bahasa belanda haha," cerita Iqbaal sembari tertawa.

"Terus diulang-ulang saja selama tiga bulan, selama proses syuting dua bulan, terus itu belandanya enggak berhenti-berhenti. Itu juga banyak sih retake-nya karena belibet juga," sambungnya.

Meski demikian, Iqbaal bersyukur perjuangannya membuahkan hasil. Terlebih saat awak media memuji bahasa Belanda-nya dalam jumpa pers tersebut.

"Tapi alhamdulillah kalau kelihatannya kayak jago," pungkas Iqbaal Ramadhan.

Film garapan Hanung Bramantyo ini rencananya ditayangkan serentak di seluruh bioskop Indonesia pada 15 Agustus 2019 mendatang. Selain Bumi Manusia, film yang diadaptasi dari karya Pramoedya Ananta Toer lainnya yakni Perburuan juga akan ditayangkan di hari yang sama.

(dika / ray)

Penulis Christiya Dika Handayani
Editor Panditio Rayendra
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
loading...
YANG INI LEBIH HEBOH
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.