Film Bumi Manusia Masuk Kategori 17 Tahun ke Atas, Ini Kata Iqbaal Ramadhan

Ari Kurniawan | 14 Agustus 2019 | 09:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Lembaga Sensor Film (LSF) mengkategorikan film Bumi Manusia sebagai film untuk usia 17 tahun ke atas. Ini tentu jadi kabar buruk bagi sebagian penggemar Iqbaal Ramadhan, yang belum cukup umur. 

Iqbaal Ramadhan, pemeran Minke di film Bumi Manusia, menanggapi keputusan LSF secara dewasa. 

"Ini kan kebijakan yang sudah dilakukan sama sensor film di Indonesia. Dan sudah di-approve sama production house. Kalau ditanya pendapat pribadinya, gue pasti respect aja," ujar Iqbaal Ramadhan di XXI Epicetrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (12/8).

"Kalau memaksakan demi jumlah penonton, demi kepuasan penonton lalu rating-nya diturunkan ke 13 tahun, gue takutnya gue malah mengecewakan Pram dan keluarganya," Iqbaal Ramadhan menambahkan.

Meski usia penonton dibatasi, Iqbaal Ramadhan tetap optomis film Bumi Manusia bisa meraih sukses di bioskop. Sebab, kata dia, film tersebut sudah ditunggu-tunggu oleh penggemar Pramodya Ananta Toer. Khususnya pembaca novel Bumi Manusia. 

"Gua percaya ini yang terbaik, pasar bisa dibentuk, gue rasa kenapa alasannya 17 tahun ke atas sudah jelas sih. Bukan karena kami mencoba untuk membatasi, kami memang berharap 13 ke atas, tapi kita juga tidak memaksa dan ikut aja," tandas Iqbaal Ramadhan.

(ari)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait