Soal Hak Cipta, Seorang DJ Menuntut Nicki Minaj, French Montana, dan Master P

Hari Murtono Kamis, 15 Agustus 2019 07:30:19
Nicky Minaj. (Ist)

TABLOIDBINTANG.COM - Pemakaian sampel atau contoh sebuah lagu lawas kerap membuahkan single hits untuk para bintang. Kebanyakan sampel lagu tersebut saat diolah menjadi lagu baru berhasil menghasilkan uang jutaan dolar untuk para artis tersebut. Tapi tidak untuk para pemilik lagu.

Seorang DJ bernama JMK menuntut para bintang besar seperti Nicki Minaj, French Montana, City Girls, dan Master P atas penggunaan sampel dalam lagu hit mereka. JMK menyebut lagu "Choppa Style" milik Master P yang menghasilkan 9 juta streaming mengambil bagian dari musiknya.

Cardi B dan City Girls juga mengambil musik 'Choppa' milik JMK untuk mega hit, "Twerk". JMK juga bilang Yo Gotti dan French Montana yang merilis lagu "Oh Yeah" di tahun 2017menggunakan nada milik JMK.

Secara khusus, JMK mengatakan dia seharusnya dibayar untuk semua sampel lagu tersebut, tetapi tidak pernah mendapatkan sepeser pun bagian.

JMK mengatakan ia membuat instrumental pada November 2000 dan memainkannya di klub tempat ia menjadi DJ. JMK mengatakan semua rapper menyalahgunakan banyak elemen yang dapat dikenali dan dilindungi sebagai karya cipta. Untuk itulah sekarang menggugat pelanggaran hak cipta.

(hari/ari)

 

Penulis Hari Murtono
Editor Ari Kurniawan
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
YANG INI LEBIH HEBOH
loading...
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.