Iis Sugianto Bangga JYPA Hadirkan Drama Musikal Next To Normal

Ari Kurniawan | 15 Agustus 2019 | 12:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Anak-anak muda berbakat yang tergabung dalam Jakarta Youth for Performing Arts (JYPA) akan menghadirkan drama musikal bertajuk Next To Normal. Acara dijadwalkan berlangsung pada 20 Agustus 2019, di Usmar Ismail Theatre Hall, Jakarta. 

Next To Norma mengangkat kisah mengenai seorang Ibu suburban bernama Diana Goodman yang memiliki masalah mental berupa bipolar disorder. Selagi penyakitnya memburuk, Diana bergumul mengatasi suaminya yang mengalami depresi, putranya yang sempurna, dan putrinya yang hanya ingin diperhatikan. 

Cerita tersebut telah berhasil memenangkan Pulitzer Price 2010 untuk Kategori Drama, karena mampu menampilkan kisah yang rumit dengan cara artistik sehingga mudah ditangkap oleh penonton. 

Aisya Nabila, pendiri JYPA sekaligus sutradara, mengatakan ingin menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang kesehatan mental. "Kami melakukan pertunjukan ini agar isu kesehatan mental lebih dibahas," ujarnya. 

Sementara itu, Shana Karima, produser, mengungkapkan bahwa kesehatan mental merupakan isu yang sangat serius. Keterbukaan dalam keluarga, kata Shana, bisa mencegah terjadinya efek buruk dari persoalan mental, seperti bunuh diri. 

“Bayangkan, pada 2016, WHO mengungkapkan bahwa Indonesia adalah negara kedelapan dengan kasus bunuh diri tertinggi, dengan 10 ribu korban pertahun,” terangnya. 

Penyanyi senior Iis Sugianto ikut andil sebagai Pembina JYPA. Iis megaku bangga pada inisiatif anak-anak muda di JYPA untuk mengangkat isu yang cukup jarang dibahas di tengah masyarakat. 

“Bayangkan, mereka di JYPA ini adalah anak-anak muda belasan tahun yang memiliki kepedulian terhadap permasalahan sosial, dalam hal ini persoalan kesehatan mental,” kata Iis.

“Semoga dengan pementasan musikal ini, semua pihak baik itu pemerintah, DPR dan pihak-pihak lainnya menyadari betapa pentingnya kesehatan mental bagi masyarakat,” Iis menambahkan. 

(ari)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait