Selain Pentas Seni, Balkonjazz Festival 2019 Kenalkan Sisi Lain Candi Borobudur

Supriyanto Rabu, 21 Agustus 2019 10:30:53
Jumpa pers Balkonjazz Festival (Supriyanto/tabloidbintang.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Pagelaran musik Balkonjazz Festival akan digelar di Balkondes (Balai Ekonomi Desa) Tuksongo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, pada 14 September 2019 mendatang. Yura Yunita, Rio Febrian, Band Payung Teduh, hingga Frau, dipastikan akan ambil bagian.

Selain pesta musik, acara berkonsep Nature in Harmony, ini sekaligus untuk mempromosikan budaya dan kearifan lokal balkondes. Bakkar Wibowo, inisiator sekaligus Direktur Balkonjazz Festival mengatakan, tujuan acara tersebut untuk mengenalkan sisi lain dari Candi Borobudur.

"Para artis penyanyi tersebut hanya menjadi influencer bahwa di kawasan Borobudur ada Balkondes," ujar Bakkar Wibowo dalam jumpa pers di Sinergi Cafe,  Kementerian BUMN, Medan Merdaka, Jakarta Pusat, Selasa (20/8).

Jumpa pers Balkonjazz Festival (Supriyanto/tabloidbintang.com)
Jumpa pers Balkonjazz Festival (Supriyanto/tabloidbintang.com)

Kolaborasi seni multisektor menjadi tema besar Balkonjazz Festival 2019. Bakal ada pasar tradisional, Pasar Balkon Tuksongo yang menjadi aktivitas di acara selain musik.

"Dengan harapan akan terjadi pertumbuhan ekonomi untuk masyarakat lokal, khususnya di sekitaran daerah penyelenggaraan Balkonjazz. Balkonjazz akan turut mempromosikan desa wisata di seputaran Borobudur, sebagai destinasi baru dengan berbagai atraksi dan potensi sumber daya alam yang sangat menarik. Masyarakat yang ingin menikmati berbagai sajian yang terdapat di Balkonjazz bisa mengaksesnya secara gratis," kata Bakkar Wibowo.

Bakkar Wibowo menambahkan, nantinya semua musisi yang tampil di Balkonjazz Festival akan menginap di homestay yang berada di sekitar Balkondes.

"Homestay disana (Balkondes) memang kualitas hotel bintang 4 dan 5. Padahal adanya di desa lho," ucap Bakkar Wibowo.

Balkondes adalah salah satu program prestisius dari Kementrian BUMN yang dibangun dengan tujuan menumbuhkan perekonomian pedesaan melalui sektor pariwisata.

"Dengan adanya Balkonjazz ini bagi kami akan menjadi pengalaman menarik lainnya yang bisa wisatawan dapatkan ketika melancong ke Borobudur maupun tinggal sementara di Balkondes," pungkas Jatmika Budi Santoso, Direktur PT Manajemen CBT Nusantara (MCN).

(pri/ari)

Penulis Supriyanto
Editor Ari Kurniawan
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
YANG INI LEBIH HEBOH
loading...
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.