Tangga Lagu Billboard akan Hadir di Indonesia

Supriyanto Rabu, 11 September 2019 13:45:23
Aldo Sianturi, Chief Operating Officer Billboard Indonesia. (Supriyanto/tabloidbintang.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Di beberapa negara, chart atau tangga lagu Billboard menjadi tolak ukur musisi atas kesuksesan karya lagunya. Tak lama lagi, Billboard hadir di Indonesia untuk pertama kalinya.

Tangga lagu Billboard Indonesia nantinya membuat tabulasi tentang popularitas mingguan dari lagu di Tanah Air. Hasilnya nanti dipublikasikan di laman billboardid.com.

Chief Operating Officer Billboard Indonesia, Aldo Sianturi mengatakan, banyak media yang membuat tangga lagu namun sudah tidak berjalan. Dengan adanya Billboard di Indonesia diharapkan pecinta musik bisa melihat transparasi tingkat kepopuleran lagu yang beredar.

"Tangga lagu Indonesia pernah ada pada sebuah masa.  Kita cukup lama tidak memiliki barometer di satu negara. Kami berinisiatif menghidupkannya dengan bendera Billboard tangga lagu Indonesia sebagai penanda lagu jawara pada sebuah teritori," ujar Aldo Sianturi kepada wartawan di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (10/9).

Chart Billboard Indonesia akan resmi diluncurkan pada 25 September 2019. Menurut Aldo, tangga lagu Billboard bisa bermanfaat bagi penikmat musik maupun musisi itu sendiri.

"Di semua negara, tangga lagu sangat penting. Dengan kehadiran chart lagu Indonesia, musisi akan mempunyai kemudahan mengetahui popularitas sebuah lagu yang diminati masyarakat sekaligus menjadi penanda sebuah era," terang Aldo Sianturi.

"Kehadiran kami Billboard tangga lagu Indonesia untuk mendukung konten musik Indonesia mengglobal. Ahli matematika dari ITB kita libatkan. Kita punya akurasi dan transparansi karena chart ini tujuannya untuk refleksi wajah industri musik sendiri," pungkas Aldo Sianturi.

Billboard Indonesia akan bekerja sama dengan sejumlah pihak terkait seperti ASIRI (Asosiasi Industri Rekaman Indonesia). Seratus tangga lagu yang akan dirilis nanti gabungan dari beragam genre. Aldo memastikan pihaknya tidak punya kepentingan sehingga hasil yang dimuat nanti benar-benar akurat dan transparan.

(pri)

 

Penulis Supriyanto
Editor Binsar Hutapea
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
YANG INI LEBIH HEBOH
loading...
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.