Sempat Didemo, Film Kucumbu Tubuh Indahku Wakili Indonesia di Academy Awards

Ari Kurniawan Selasa, 17 September 2019 19:15:35
Christine Hakim selaku Ketua Komite Seleksi menjelaskan dasar pemilihan film karya Garin Nugrogo tersebut (Ari/tabloidbintang.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Pusat pengembangan Perfilman Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Pusbangfilm Kemendikbud) bersama Komite Seleksi Film Indonesia kembali menyelenggarakan seleksi film Indonesia yang akan bertarung di ajang Academy Awards, atau yang lebih dikenal dengan Oscar. 

Film yang terpilih akan diikutkan dalam Oscars International Features Film Award. Ajang tersebut sebelumnya bernama The Oscars Foreign Language Film. Ada tiga judul film yang masuk dalam proses seleksi, yakni Ave Maryam, Kucumbu Tubuh Indahku, dan 27 Steps of May. Dari tiga film tersebut, tim Komite Seleksi akhirnya memilih film Kucumbu Tubuh Indahku.

Aktris senior Christine Hakim selaku Ketua Komite Seleksi menjelaskan dasar pemilihan film karya Garin Nugrogo tersebut. 

"Kami melihat Kucumbu Tubuh Indahku sebagai sebuah karya film yang lengkap. Kita ketahui, film bukan hanya bahasa oral dan bahasa gambar, tapi juga ada bahasa batin, bahasa rasa," ungkap Christine Hakin, dalam jumpa pers di Lounge Plaza Senayan XXI, Jakarta, Selasa (17/9).

"Sebagai contoh, di adegan percintaan. Adegan itu digambarkan seperti biasanya, sebagaimana orang bercinta, vulgar. Tapi justru digambarkan dengan idiom-idiom yang ada di budaya kita, yakni penari Lengger," lanjutnya.

Christine Hakim berharap film Kucumbu Tubuh Indahku bisa membawa budaya Indonesia untuk lebih dikenal di dunia internasional. 

Di Tanah Air, pemunculam film Kucumbu Tubuh Indahku sempat disambut aksi demonstrasi. Beberapa kota bahkan terang-terangan melarangan pemutaran film tersebut. Terkait hal ini, Christine Hakim mengatakan pihaknya sama sekali tidak terpengaruh dengan pro kontra yang ada. 

"Kami sama sekali tidak ada unsur politis. Pure sebagai film, sebagai karya seni yang kami anggap pantas untuk mewakili Indonesia," tegas Christine Hakim.

(ari)

Penulis Ari Kurniawan
Editor Suyanto Soemohardjo
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
YANG INI LEBIH HEBOH
loading...
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.