Ratusan Peserta Ikuti Festival Film Pendek Jelang Penanyangan Film SIN

Ari Kurniawan | 29 September 2019 | 11:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Jelang penayangan film SIN, Falcon Pictures menggelar Festival Film Pendek SIN. Meski digelar dalam waktu singkat, festival ini diikuti oleh lebih dari seratus peserta dari seluruh Indonesia, mulai dari masyarakat biasa sampai public figure. 

“Puji Tuhan, responnya akan sangat besar. Terimakasih kepada seluruh peserta, dan Kami berharap, film SIN bisa menghibur dan mendapatkan apresiasi yang positif,” ujar Fedrerica, Produser falcon Pictures.

Sutradara Hanung Bramantyo mengatakan dirinya sangat takjub dengan peserta Festival Film Pendek SIN. ”Saat saya membuat film pendek ini, saya belum menonton semua film peserta. Setelah saya menilai, saya langsung bilang film pendek saya tidak usah ditayangin. Pesan saya jangan sampai teman-teman berhenti berkreasi,” ujar sutradara film Bumi Manusia ini.

Hal semada juga disampaikan oleh sutradara film Warkop DKI Reborn, Rako Prijanto. ”Sangat sulit menentukan 8 finalis dari 22 finalis. Karena waktu 2 menit itu sangat minim sekali. Untuk yang tidak masuk ke 8 finalis, kalian semua adalah juaranya,” ungkapya.

Sementara itu, sutradara film Dilan, Fajar Bustomi, juga kagum dengan hasil karya para peserta. "Saya pribadi sangat sulit menilai siapa juaranya. Ini hanya penilaian menurut selera saya. Intinya semua juaranya,” katanya.

Sebagai dewan juri, Hanung Bramantyo, Fajar Bustomi, dan Rako Prijanto menyaring 22 finalis dari lebih dari 100 peserta yang mengirim karyanya dalam bentuk film pendek bertema "Saat Kekasih Mu adalah Kakak Mu Sendiri". 

Finalis yang masuk dalam pilihan para juri adalah, @salmondigitalFilm, @vaniavalencia8, @city959fm, @senowirya, @urbanbandung, @rifki_adhon, @1015dahliafm, @le_viestudio, @tv_rps, @uzh_uzh, @faizvishal, @masruddy, @idhamshaffansyah, @uno_sutrisno, @alfyan.idn, @ukiukeys, @da.tyo, @iambagusaf, @jejak__rasa, @eliorpictures, dan @parantifm.

Sebagai bentuk apresiasi, Falcon Pictures menayangkan film-film tersebut dalam format layar lebar pada hari Sabtu, 28 September 2019. Kejutannya, tiga dewan juri yang merupakan sutradara ternama, Hanung Bramantyo, Fajar Bustomi dan Rako Prijanto juga ikut membuat film pendek SIN versi mereka sendiri. 

Setelah menyaring menjadi 22 finalis, film pendek tersebut akan disaring menjadi 8 besar. Nantinya, Delapan pada 4 Oktober 2019, saat gala premier film SIN, akan diumumkan pemenangnya. Delapan finalis inilah yang akan memperebutkan total hadiah sebesar 40 juta rupiah.

Film SIN akan tayang serentak diseluruh bioskop di Indonesia pada tanggal 10 Oktober 2019. Film yang diangkat dari novel karya Faradita ini diperankan oleh Bryan Domani, Mawar De Jongh, Jeremy Thomas, Hans De Kruckers, Jerome Kurnia, Dania, Ali Segaf, dan Junior.

(ari)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait