RESENSI FILM Abominable: Petualangan Seru, Lucu dan Menyentuh

Panditio Rayendra | 30 September 2019 | 11:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - DreamWorks Animation bersama Pearl Studio Cina menghadirkan sebuah film animasi menarik berjudul Abominable. Film animasi yang bersetting di Cina ini memiliki paket komplit yang menjadikannya animasi menghibur.

Abominable menyoroti perjalanan gadis muda bernama Yi (Chloe Bennett), gadis remaja yang tinggal di sebuah rumah susun Shanghai bersama ibu dan neneknya. Ia aktif bekerja mengumpulkan uang demi bisa menjalani mimpinya keliling Tiongkok.

Yi gemar bermain biola. Namun karena hal ini mengingatkan pada almarhum ayahnya, ia memainkannya sembunyi-sembunyi. Yi memilih menggesek biola di atap gedung tempat tinggalnya agar tidak ketahuan ibu dan neneknya.

Suatu hari, Yi terkejut ada makhluk berbulu dengan ukuran besar di atap rumah. Makhluk tersebut rupanya kabur dari penelitian yang dilakukan Dr Zara (Sarah Paulson) dan pengusaha kaya Burnish (Eddie Izzard).

Yi lantas berusaha melindungi dan membawa pulang makhluk yang diberi nama Everest itu ke habitatnya. Yi ditemani tetangganya Peng (Albert Tsai) dan sepupu Peng yang sangat memperhatikan penampilan, Jin (Tenzing Norgay Trainor).

Abominable disutradai Jill Culton-yang juga menulis ceritanya, sebelumnya pernah menyutradarai Open Season (2006) dan terlibat di pembuatan Toy Story 2, Shrek dan Monster Inc. Abominable memiliki elemen-elemen penting agar film animasi enak ditonton. Tokoh-tokohnya memiliki watak yang unik dan kuat. Yi yang seorang pejuang dan selalu optimistis, Jin yang merasa dirinya ganteng dan selalu narsis, sampai Peng yang selalu bersahaja. Selain pertemanan, ikatan keluarga juga dapat porsi signifikan. Karakter nenek yang cerewet tapi perhatian, juga karakter ibu yang kalem. Sosok Everest sendiri, memiliki fisik yang menggemaskan, ditambah dengan aksi konyol dan heroiknya yang membuatnya lovable.

Di samping karakter kuat, Abominable banyak memancing tawa baik melalui adegan dan dialognya. Nuansa lokal Tiongkok, mulai dari gaya bicara sampai gemerlap kota Shanghai pun tergambar dengan apik. Ini juga ditunjang dengan lagu pengiring yang menajamkan emosi filmnya, meski tak semua lagu baru. Semua itu membuat Abominable menjadi film yang bisa (dan aman) dinikmati oleh semua usia.

(ray / ray)

Penulis : Panditio Rayendra
Editor: Panditio Rayendra
Berita Terkait