Siapkan Dana Puluhan Miliar, Ki Kusumo Garap Film Kungfu Lo Ban Teng

Ari Kurniawan | 12 Oktober 2019 | 18:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ki Kusumo bakal menggarap film kungfu bertajuk Lo Ban Teng. Tidak tanggung-tanggung, film yang diadaptasi dari kisah hidup pendekar asal Hokkian Tiongkok ini diklaim menelan biaya produksi hingga puluhan miliar rupiah.

Lo Ban Teng berkisah tentang seorang pemuda dari Desa Ciobee, Hokkian. Di desa tersebut dia bersama keluarganya adalah pendatang. Ayahnya, Lo Ka Liong membuka usaha arak bernama Kim Oen Hap.

Sejak umur 14 tahun, Lo Ban Teng sudah belajar kungfu pada seorang guru di desanya. Merasa cukup ampuh, dia petantang petenteng di depan segerombolan pemuda dan menantang berkelahi. Sayangnya Lo Ban Teng justru babak belur dihajar habis-habisan. Selepas kejadian tersebut keinginannya untuk belajar kungfu justru makin kuat. Ayahnya waswas dengan ambisi Lo Ban Teng.

Umur 17 tahun, Lo Ban Teng dikirim ayahnya ke Kampung Selan, Semarang Jawa Tengah. Di sana, dia hanya bertahan tujuh bulan. Lo Ban Teng memutuskan kembali ke Tiongkok. Sekembalinya dari Semarang, Lo Ban Teng mendengar tentang adanya ilmu gingkang atau melompat melebihi tinggi tubuhnya hingga ke atas genteng. Sejak saat itu dia kembali menekuni kungfu lagi. Dia mengabdi pada guru tua kerempeng bernama Yoe Tjoen Gan, hingga menemukan rahasia teknik pukulan dahsyat, Kuntao Ho Yong Pay.

Ketika gurunya meninggal, Lo Ban Teng tetap belajar kungfu pada guru yang lain, hingga mendapatkan jurus tendangan geledek dari Heng Goan Say.

Lo Ban Teng tak mengenal lelah untuk terus berguru dan belajar kungfu hingga ilmu-ilmu lainnya. Termasuk mengobati orang. Dari sanalah, akhirnya Lo Ban Teng dikenal sebagai sinshe yang tersohor, di samping ahli dalam ilmu bela diri.

“Karena film ini berkisah tentang pemuda dari Tiongkok, saya mengambil sebagian lokasi syutingnya juga di sana. Jadi biaya produksinya lumayan besar,” ujar Ki Kusumo di Jakarta, Jumat (11/10).

Ki Kusumo menjanjikan banyak adegan laga di filmnya kali ini. “Benar-benar film action, dari awal sampai akhir adalah adegan perkelahian mendebarkan,” lanjut Ki Kusumo.

Film Lo Ban Teng bakal memadukan aktor dan aktris Indonesia dan Tiongkok. Sedangkan untuk sutradara, Ki Kusumo menggaet sutradara asal Hongkong dan China. Rencananya Film Lo Ban Teng akan di produksi tahun ini juga. “Targetnya 2020 sudah tayang di bioskop-bioskop, baik di dalam negeri atau di mancanegara,” pungkasnya.

(ari)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait