Tak Merepotkan Lagi, Mencari Jasa Penjahit Bersertifikat Cukup Lewat Aplikasi

Ari Kurniawan Jumat, 8 November 2019 14:30:01
Bimbingan dan Sertifikasi SKKNI IKM Pakaian Jadi

TABLOIDBINTANG.COM - Para desainer dan pelaku industri fashion seringkali kerepotan saat harus memproduksi busana dalam jumlah banyak di waktu yang singkat. Tapi, kerepotan tersebut akan segera teratasi dengan sebuah aplikasi yang digagas Kementrian Perindustrian.

Aplikasi yang sedang dalam tahap pengerjaan tersebut bakal memuat informasi tentang penjahit profesional dan bersertifikat, mulai dari jumlah tenaga yang siap dipekerjakan, hingga wilayahnya. 

Sebagai bagian dari perwujudan aplikasi tersebut, Ir. E. Ratna Utarianingrum , M.Si, Direktur IKM Kimia, Sandang, Kerajinan dan Industri Aneka, meresmikan Bimbingan dan Sertifikasi SKKNI IKM Pakaian Jadi. Kegiatan tersebut diikuti tak kurang dari 90 peserta, yang berasal dari wilayah Jabodetabek. 

"Konektivitas saat ini jadi sebuah keharusan. Keterhubungan satu sama lain harus dimiliki setiap orang. Kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan kompetensi, kemampuan, yang sesuai unit bisnis masing-masing," kata Ratna, kepada wartawan. 

Selama empat hari, para peserta dibekali keterampilan menjahit, membaca pola, membaca desain, hingga pengetahuan ukuran yang sesuai standar.

"Kita sebagai konsumen pakaian jadi sering merasakan ukuran pakaian di masing-masing tempat berbeda. Padahal sebenarnya ada Standar Nasional Indonesia. Jadi di sini kami bekali serfitikat kompetensi, sesuai standar kompetensi kerja Indonesia," urai Ratna.

Sebelumnya, kegiatan serupa telah diselenggarakan di kawasan Bandung, Jawa Barat, dan akan terus menyebar hingga ke daerah-daerah lain di Indonesia. 

"Diharapkan nantinya, pemilik brand lokal, desainer, bisa dipertemukan dengan penjahit berkualitas dalam sebuah platform yang transparan," tutup Ratna. 

(ari)
 

Penulis Ari Kurniawan
Editor Ari Kurniawan
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
YANG INI LEBIH HEBOH
loading...
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.