Lake Toba Film Festival, Ajak Pemuda Samosir Cintai Budaya dan Kampung Halaman

Redaksi | 13 November 2019 | 03:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Lake Toba Film Festival yang akan diadakan 15-17 November di Pantai Indah Situngkir. Ori Semloko Direktur Lake Toba Film Festival mengaatakan, Sumatera Utara memiliki potensi perfilman dengan sumber daya alam yang melimpah dan kebudayaan beragam. Hal itu dibuktikan semakin banyaknya film layar lebar yang mengangkat Sumatera Utara sebagai latarnya, antara lain Horas Amang, Pariban Idola dari Tanah Jawa, Sang Prawira, dan Ajari Aku Islam.

Namun, perfilman Sumatera Utara masih dalam tahap berkembang, jauh dari kata mapan. Keindahan dan keberagaman budaya dianggap biasa saja. Menurut Ori, hal ini terjadi karena minimnya daya baca yang mengakibatkan menurunnya daya kritis dan menyebabkan budaya tertinggal. “Padahal film itu memiliki potensi yang besar untuk kesejahteraan hidup,” kata Ori, dalam rilis yang kami terima.

Ori menjelaskan film dapat juga sebagai promosi pariwisata mengingat Samosir dan kawasan Danau Toba merupakan daerah yang diharapkan menjadi Bali ke dua. Samosir memiliki berbagai tempat eksotis yang membuat film lebih sinematik dan hidup.

Dalam Lake Toba Film Festival panitia telah menggarap film berjudu Bonapasogit yang disutradarai oleh Roy Manta Sembiring. Bercerita tentang kegalauan hari tokoh Niko yang ingin merantau. Dihadapkan pada konflik batin antara mengejar mimpi di rantau orang atau bertahan di kampung sendiri. 

Rapidin Simbolon, Bupati Samosir mengatakan sebagai destinasi wisata internasional Samosir aktif mempromosikan objek wisata, salah satunya melalui medium film. Rapidin mengatakan film Bonapasogit merupakan kolaborasi dari Rumah Karya Indonesia, Pemerintah Kabupaten Samosir, dan sineas Sumatera Utara. 

Rapidin berharap melalui film Bonapasogit masyarakat Samosir lebih mencintai kampung halamannya dan berpartisipasi dalam pembangunan dan pengembangan pariwisata Kabupaten Samosir.

“Filmnya akan diputar tanggal 16. Lihat saja banyak hal yang diajarkan dalam film tersebut,” kata Roi Manta sutradara Bonapasogit.
 

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait