Rowman Ungu Bongkar Personel dan Rombak Konsep Band The Row

Ari Kurniawan | 27 November 2019 | 08:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Di luar Ungu, Rowman memiliki projek musik lain bersama band The Row. Lama tak muncul Rowman ternyata melakukan perombakan besar-besaran, dari mulai personel hingga konsep musik.

Diawali dengan merubah konsep projek The Row, dari band EDM (electronic Dance Music) menjadi band pop rock.

Untuk memenuhi konsep barunya ini, Rowman menggandeng personel baru Bima Wibisono Putra sebagai gitaris sekaligus music program, dan Ahmad Sabar Nainggolan sebagai vokalis. 

"Karena untuk perubahan ini membutuhkan sebuah proses dan diskusi dengan anggota lama ataupun baru serta label tempat kita bernaung, makanya kami hadir di akhir tahun ini,” jelas Rowman, yang mendapat dukungan penuh dari Afe Records, label musik tempatnya bernaung. 

Sebagai personel baru, Bima mengapresiasi kepemimpinan Rowman dalam membentuk konsep baru dalam band The Row. 

"Babeh (sapaan Rowman Ungu) sangat mempermudah kami untuk menyalurkan ide-ide kami. Dengan gaya old school anak band pada umumnya kami berproses dan membuat karya untuk The Row," ujar Bima.

Lebih lanjut, Rowman menilai, perubahan genre dari RDM ke pop rock bisa membawa dampak positif bagi The Row. Salah satunya jangkauan pasar yang lebih luas. 

"Belum ada yang berani untuk kembali memainkan musik pop rock. Yang kami bawakan ini adalah suatu kesempatan yang kami tawarkan untuk anak millennial sekarang," bilang Rowman. 

Olland menimpali, "Anak millennial sekarang lebih terbuka dalam menerima musik, karenanya kami mengawali dengan genre rock ballads untuk mengenalkan kepada anak millennial sekarang mengenai warna musik The Row".

Lagu berjudul "Sakitnya Diriku" jadi karya perdana yang diperkenalkan The Row setelah perombahakan besar-besaran. Lagu ini menceritakan ketulusan seseorang lelaki harus rela melepaskan wanita yang dicintainya, karena sang wanita tak mungkin melepaskan kekasihnya.

"Kami berharap semua penikmat musik Indonesia khususnya fans The Row menyukai konsep kami yang baru dan yang pernah merasakan hubungan seperti ini dapat menikmati lagunya serta menjadi lagu pilihan mereka," harap Rowman. 

(ari)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait