Bersinar Terang, ALt'z Band Akhirnya Rilis Album Keempat

Ari Kurniawan | 11 Desember 2019 | 08:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Setelah sekian lama tertunda, ALt'z Band akhirnya berhasil mewujudkan album keempat mereka. ALt'z Band adalah grup musik bergenre pop alternatif, yang lahir di Bandung pada 2005 silam.

Masih dengan punggawa yang sama, yaitu Yoga Altz sebagai vokalis sekaligus lead guitar dan Ryo Altz sebagai drummer sekaligus Sequenzer Programmer. Untuk instrument bass, gitar, dan keyboard mereka dibantu oleh additional player. 

Di awal kariernya, band yang berada di bawah naungan label musik ARTHA SP ini, mengeluarkan album yang bertajuk “Ukir Langit” (2007). Pada 2010, di bawah label musik yang sama, ALt'z Band meluncurkan album dengan tajuk “Setulus Hati”. ALt’z Band lantas mencoba untuk membuat karya lagu-lagu religi yang dikemas dalam mini album dengan tajuk “Anugerah Illahi” (2012).

Membangun ceruk pasar musik untuk eksistensi keberadaan sebuah karya perlu perjuangan yang luar biasa dan bagi mereka juga bukan hal yang mudah, namun ALt’z Band berusaha melakukan berbagai hal untuk melengkapi perjuangannya, di antaranya sering menjadi pengisi acara hiburan musik, membantu pembuatan aransemen, membuat lagu, dan melakukan upaya edukasi dalam perkembangan musik Tanah Air. Selain itu berbagai event musik mereka lalui, baik event reguler maupun pertunjukan musik yang diselenggarakan oleh para penyelenggara acara. 

Album keempat ALt'z Band bertajuk "Bersinar Terang", berisi 10 lagu. Masih dengan genre alternatif pop dan mengandalkan instrumen gitar sebagai kekuatan utama dalam aransemennya. Adapun judul lagu yang ada di album Bersinar Terang adalah Indonesia, Bersama Mentari, Mimpi Yang Ku Ingin, Apa Kabar, Terpisah Waktu, Monolog, Senyum Untuknya, Temukan Jalan, Seolah Manusia, Your Home.

Di album kali ini, ALt’z Band mencoba membawa tema “musik suasana” yang diketengahkan lebih pada menempatkan bangunan utama efek delay di beberapa lagunya, seperti pada lagu Indonesia, Bersama Mentari, Your Home, Mimpi Yang Kuingin, Terpisah Waktu, Temukan Jalan,Monolog. Ada banyak proses dan peristiwa yang diexplore dalam pemilihan lagu, bahkan banyak cerita dibalik lagu-lagu tersebut.

Sebut saja lagu yang berjudul “Indonesia”. Lagu ini  awalnya ditulis untuk lagu penyemangat bagi salah satu persatuan sepakbola pada tahun 2010. Karena lagu ini diharapkan dapat membantu menggugah semangat dalam kehidupan berbangsa yang lebih futuristik, maka dengan memberi judul “Indonesia”, Alt’z Band berusaha untuk menggubah liriknya agar bisa menjadi motivator bagi siapapun dan untuk masyarakat pada umumnya. 

Sebuah gubahan lagu yang terinspirasi dan terinfluence oleh musik brittpop, diciptakan oleh mereka dengan tujuan memikat pendengar mancanegara, mereka beri judul “Your Home“. Lagu ini adalah lagu kedua yang pernah mereka buat dalam Bahasa Inggris, lagu ini memiliki delay-delay cantik yang menimpali gaya brittpop-nya yang teri-nfluence U2 dan Codplay.

Beberapa Effect Delay dan String yang mereka tambahkan pada lagu-lagu mereka kali ini dalam album “Bersinar Terang” lebih memiliki fungsi sebagai hiperbola ambient, agar pendengar saat menikmati lirik lagu-lagunya akan terbentuk mood nya, sehingga larut kedalam story lagunya. Musik mereka bermain didalam mengantarkan perasaan pendengar didalam menelusuri setiap story lagu yang ada dibelakang alunan lagu.

Fungsi ketukan drum, petikan bass, dan pola chord blocking akustik serta gitar elektrik lebih berfungsi sebagai pengantar/guidance lagu-lagu mereka yang mengalir sebagaimana notasinya untuk mudah dinikmati dalam album ini dari awal hingga akhir. Hiperbola yang tercipta dalam nuansa musik diharapkan menumbuhkan rasa didalam hati yang akan mengekspresikan mood pendengar.


 

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait