Melalui Orkestra, Indonesia Targetkan Mendominasi Peserta SEAYMC

Seno Susanto Rabu, 15 Januari 2020 09:30:48
South East Asia Youth Music Camp

TABLOIDBINTANG.COM - Musik adalah bahasa universal. Apalagi generasi muda jaman sekarang yang semakin meminati seni musik. South East Asia Youth Music Camp (SEAYMC)  membangun kemampuan dan pemahaman generasi muda perihal musik dalam format orkestra, juga untuk meningkatkan posisi Indonesia di kancah Internasional, khususnya di Asia Tenggara.

"Kami berharap mereka bisa turut serta dalam camp tersebut dan bisa meningkatkan dirinya dalam percaturan di Asia Tenggara. Dengan begitu kami menargetkan dari jumlah keseluruhan peserta sebanyak 200 orang, minimal setengahnya dari Indonesia,” ucap Dedi Panigoro, salah satu inisiator SEAYMC saat ditemui di Jakarta, Sabtu (11/01).

SEAYMC ini melibatkan para pemain yang telah diaudisi melalui video di wilayah Asia Tenggara. Dan nantinya akan berlatih dalam sebuah orkeatra besat di bawah arahan music director Gevorg Sargsyan yang nantinya akan tampil dalam puncak acara di Sasana Budaya Ganesha, Bandung.

Rencananya ada beberapa karya yang akan ditampilkan pada acara tersebut, diantaranya adalah Festive Ouverture (Dimitri Shostakovich), Piano Concerto No.1 (Sergei Prokofiev), Firebird (Igor Stravinsky), Mekong Concerto for Vioin & Cello (Ananda Sukarlan) dan lagu nasional serta tradisional Indonesia.

 Sementara itu, Evelyne Sashi aebagai salah satu musisi yang akan tampil mengaku terkesan dengan diadakannya acara seperti ini karena dapat mengeksplore musik dengan skala yang lebih besar.

“Saya sangat mengapresiasi pihak yang menyelenggarakan acara SEAYMC ini, biasanya kan hanya vocal dan piano. Kalau pakai orkestra itu butuh ekstra latihan ekstra kerja sama, jadi saya pikir ini adalah momen yang bagus,” ucap Sashi.

SEAYMC ini diinisiasi oleh Dedi Sjahrir Panigoro, Yanto M. Purbo, dan Sari Sjadzali dan akan digelar pada 20-29 Juni di Swiss-Belresort Heritage, Bandung, Jawa Barat.

(sen) 

Penulis Seno Susanto
Editor Ari Kurniawan
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
YANG INI LEBIH HEBOH
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.