Indonesia Bubble Run Bekasi, Wisata Olahraga Sekaligus Edukasi Budaya

Ari Kurniawan | 21 Januari 2020 | 09:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Anak-anak muda yang tergabung dalam komunitas Generasi Milenial Indonesia menggagas acara Indonesia Bubble Run di Bekasi, Jawa Barat, akhir pekan kemarin. Tidak sekadar ajang olahraga lari, acara ini juga menjadi wadah edukasi bagi generasi kekinian untuk lebih mengenal seni dan budaya.

"Yang kami angkat di sini tentang kebudayaan lokal yang ada di daerah setempat. Di Bekasi yang kami angkat yaitu batiknya, kemudian tariannya juga," jelas Willy Putra, Ketua Umum gmilenial.id. 

Tak kurang dari 3 ribu orang ambil bagian dalam Indonesia Bubble Run Bekasi. "Akan tetapi banyak masyarakat yang lewat sini juga masuk. Jadi total hampir 5 ribuan orang," lanjut Willy. 

Yang tak kalah menarik, di ajang ini juga dilakukan penandatanganan kain putih panjang menggunakan canting, yakni alat untuk membatik. Kegiatan ini berhasil dicatat dalam Museum Rekor Dunia Indonesia, dengan 20 ribu lebih tanda tangan yang terkumpul. 

"Lewat pemecahan rekor MURI ini kami menunjukkan komitmen untuk mengangkat kebudayaan. Ada 20 ribu tandatangan, itu dari pemerintahan, sekolah, dan masyarakat umum," kata Willy. 

Ke depan, Willy ingin terus menyelenggarakan acara serupa, di berbagai kota di Indonesia. Tentunya dengan tema yang berbeda-beda.

"Kebudayaan kita mulai luntur. Kami sebagai generasi milenial mengajak anak muda lainnya, ayo cintai budayamu," ajak Willy. 

(ari)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait