Film Ranah 3 Warna Karya Ahmad Fuadi, Siapa Sabar Akan Beruntung

Supriyanto | 10 Februari 2020 | 23:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Arbani Yasiz membintangi film Ranah 3 Warna diambil dari novel laris karya Ahmad Fuadi berjudul sama. Film garapan MNC Pictures itu memberikan banyak pesan positif yang menginspirasi. 

Ranah 3 Warna merupakan bagian dari trilogi novel yang ditulis Ahmad Fuadi. Pertama Negeri 5 Menara, sudah dibuatkan filmnya, lalu di akhir cerita ada kisah Rantau 1 Muara. Ahmad bahkan sudah menerima sejumlah penghargaan dari karya tulisnya itu. 

Ranah 3 Warna mengisahkan tentang semangat seorang anak muda bernama Alif Fikri dalam menuntut ilmu dan cita-citanya untuk menjadi ilmuwan seperti BJ Habibie.

"Kalau di Negeri 5 Menara, Alif masih sekolah nah di sini (Ranah 3 Warna), Alif sudah melanjutkan pendidikannya. Tapi yang bersungguh-sungguh belum tentu berhasil juga, harus ada kesabaran," ujar Ahmad Fuadi kepada wartawan di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Senin (10/2).

Jika dalam kisah Negeri 5 Menara disampaikan pesan Man Jadda Wa Jadda, siapa yang bersunggung-sungguh akan berhasil, dalam cerita Ranah 3 Warna, terselip pesan Man Shabara Zhafira, siapa yang bersabar akan beruntung. 

Pesan itu mengingatkan kepada banyak orang untuk bersabar dalam setiap usaha yang dilakukan. 

"Ada kalimat yang paling jitu, sesuai dari buku, Man Shabara Zhafira. Kadang saya suka menjalani sabar dengan cara yang salah. Dari film ini saya belajar banget bagaimana sabar yang benar," ujar Arbani Yasiz di tempat yang sama.

Ahmad Fuadi mengaku, makin antusias membuat novel inspiratif setelah mendapat sejumlah penghargaan dan pujian. "Banyak ya (karya tulis), mungkin sekarang sudah belasan buku, novel ada 4, pertama Negeri 5 Menara, lalu ada Ranah 3 Warna, Rantau 1 Muara, ada juga Anak Rantau. Ada yang lain-lain juga," ujar Ahmad. 

Film Ranah 3 Warna produksi MNC Pictures yang dibintangi Arbani Yasiz, dijadwalkan tayang di bioskop mulai 25 Juni 2020. 

(Pri)

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait