Road To IBOMA 2020, 10 Film Box Office akan Diputar di Sejumlah Kampus

Ari Kurniawan Sabtu, 22 Pebruari 2020 09:00:39
Road To IBOMA 2020 akan berlangsung selama lima hari mulai 24 Februari 2020 sampai 3 Maret 2020.

TABLOIDBINTANG.COM - Ajang penghargaan bergengsi bagi insan perfilman Tanah Air, Indonesian Box Office Movie Awards (IBOMA) 2020 akan segera digelar oleh SCTV. Memasuki tahun kelima, IBOMA kembali akan menganugerahkan 17 penghargaan untuk 10 film terlaris sepanjang tahun 2019.

IBOMA 2020 melibatkan tujuh tokoh yang telah banyak berkecimpung dan berkontribusi baik di depan layar maupun belakang layar dalam proses produksi film. Mulai dari produser, sutradara, editor, hingga aktris dan aktor akan dilibatkan dalam proses penjurian IBOMA 2020. Mereka adalah Sheila Timothy (Produser), Ifa Isfansyah (Sutradara & Produser), Maudy Koesnaedy (Aktris), Andy Phulung (Editor), Vino G Bastian (Aktor), Benni Setiawan (Sutradara), dan Darius Sinathrya (Aktor & Produser). Ketujuh juri tersebut akan melakukan penilaian dari sepuluh film box office Indonesia sepanjang 2019.

Jelang malam puncak IBOMA 2020, SCTV menggelar rangkaian kegiatan dalam “Road To Indonesian Box Office Movie Awards (IBOMA) 2020” yakni penjurian terbuka serta “Master Class” oleh ketujuh juri. Road To IBOMA 2020 akan berlangsung selama lima hari mulai 24 Februari 2020 sampai 3 Maret 2020, dan diselenggarakan di beberapa kampus besar di Jakarta dan Yogyakarta. 

Kampus-kampus tersebut di antaranya Institut Kesenian Jakarta, Universitas Tarumanegara, Universitas Indonesia, dan Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Dalam kegiatan ini dilakukan pemutaran kembali 10 film box office Indonesia yang masuk kedalam nominasi IBOMA 2020 serta sesi para juri berbagi pengalaman dibalik proses pembuatan sebuah film dalam “Master Class”.

Road To IBOMA 2020 dimulai di kampus Institut Kesenian Jakarta (IKJ) pada 24 dan 25 Februari 2020, bertempat di Tom Studio FFTV IKJ. Pada hari pertama penyelenggaraan penjurian terbuka ini para mahasiswa yang berpartisipasi akan dipersilakan untuk menyaksikan dua film box office Indonesia yang masuk kedalam nominasi IBOMA 2020 yaitu “Gundala : Negeri Ini Butuh Patriot” dan “Danur 3 : Sunyaruri”. 

SCTV menghadirkan langsung Vino G Bastian dan Andy Phulung dalam kegiatan “Master Class” dengan tema “Ruang Post Production Dalam Industri Film Indonesia Dan Peran Aktor Dalam Sebuah Film”. Di hari kedua, SCTV akan memutarkan kembali film box office “Dilan 1991 serta “My Stupid Boss 2”. Sementara untuk “Master Class” akan menghadirkan sosok aktris Maudy Koesnaedi bersama dengan salah satu alumni dari IKJ yang juga pernah meraih predikat sutradara terbaik Indonesia di Festival Film Indonesia (FFI) 2010 yakni Benny Setiawan dalam tema “Berbagi Cerita Tentang Menghidupkan Peran”.

Selain kampus IKJ kegiatan penjurian terbuka Road To IBOMA 2020 juga akan berlangsung di Universitas Indonesia (UI) pada tanggal 27 Februari 2020 di Auditorium Juwono Sudarso FISIP UI . Sebuah film drama pasangan remaja SMA yang harus menikah di usia muda “Dua Garis Biru” serta salah satu film horor besutan Joko Anwar berjudul “Perempuan Tanah Jahanam" akan diputar kembali pada kegiatan hari ke-3 ini. 

Produser yang salah satu filmnya berhasil meraih penghargaan di IBOMA 2019, Sheila Timothy, akan menceritakan suka duka dalam memproduseri sebuah film dalam tema “How To Communicated Your Film Marketing Tools In Film Industry” pada sesi “Master Class” kegiatan penjurian terbuka hari ke empat yang akan berlangsung di Aula Auditorium Gedung M – Unversitas Tarumanegara pada tanggal 28 Februari 2020. 

Road To IBOMA 2020 kali ini juga melibatkan mahasiswa di masing-masing universitas untuk berpartisipasi dalam proses penjurian terbuka. Setiap mahasiswa yang telah berpartisipasi akan di berikan sertifikat oleh SCTV sebagai bentuk apresiasi.

(ari)


Penulis Ari Kurniawan
Editor Ari Kurniawan
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore