Ada Bahasa Jawa Kuno di Lagu Baru Weird Genius

Ari Kurniawan | 3 Maret 2020 | 23:59 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Trio electronic dance music (EDM) Weird Genius, yang beranggotakan Eka Gustiwana, Reza Oktovian, dan Gerard Liu, merilis single berjudul "Lathi". Kali ini, Weird Genius menggandeng rapper asal Surabaya, Sara Fajira. 

Lathi sendiri merupakan kata dari bahasa Jawa Kuno yang berarti ucapan. Eka Gustiwana sengaja mencari vokal yang cocok untuk membawakan lirik bernuansa tradisional. 

"Dia harus bisa berbahasa Inggris baik. Selain itu, bisa menulis lagu sendiri dan bisa menghayati lagu yang dinyanyikan dan bisa berbahasa Jawa," kata Eka, di Jakarta, baru-baru ini.

Lirik lagu Lathi terinspirasi dari pengalaman personal yang bisa dialami banyak orang. Hanya butuh waktu sekitar satu bulan untuk merampungkan lagu tersebut. Sara ikut dilibatkan untuk menulis lirik dalam bahasa Jawa. 

"Bahasa Jawa karena kami kan kurang Jawa. Kami mundur selangkah, kami persilakan Sara tulis Bahasa Jawa yang bisa bikin kita merinding. Kami bikin bareng-bareng berempat," cerita Eka lebih lanjut. 

Musik EDM yang dipadu dengan elemen budaya lokal, membawa pengalaman tersendiri dalam menikmati musik. Ditambah lagi dengan lirik yang menyiratkan keberanian dan pendirian menghadapi hubungan tidak sehat. 

(ari)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait