Dilan 1991 hingga Danur 3: Sunyaruri Bersaing di IBOMA 2020

Ari Kurniawan | 6 Maret 2020 | 10:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ajang penghargaan Indonesia Box Office Movie Awards (IBOMA) 2020 siap digelar. Sebanyak 10 penghargaan dari beberapa kategori akan dibagikan kepada 10 film terlaris di sepanjang 2019.

Sepuluh film terlaris yang masuk penjurian tahun ini adalah Dilan 1991, Imperfect: Karir, Cinta & Timbangan, Dua Garis Biru, dan Danur 3: Sunyaruri, Habibie & Ainun 3, My Stupid Boss 2, Perempuan Tanah Jahanam, Kuntilanak 2, Keluarga Cemara, dan Gundala: Negeri Ini Butuh Patriot.

Tahun 2020 ini, SCTV menunjuk sineas-sineas terbaik Indonesia untuk memberikan penilaian. Mereka adalah Vino G Bastian, Maudy Ayunda, Darius Sinatria, Sheila Timothy, Ifa Isfansyah, Andhy Pulung, dan Benni Setiawan.

Di tahun kelimanya ini, IBOMA menyuguhkan beberapa hal baru. Penyelenggara menggandeng tiga asosiasi yang mewakili film Indonesia, sistem penjurian dilakukan terbuka di beberapa universitas seperti Institut Kesenian Jakarta, Universitas Indonesia, Universitas Tarumanegara dan Institut Seni Indonesia.

"Terakhir, kami melihat ada animo besar dari netizen. Kami membuka kategori baru, yaitu aktor dan aktris terpopuler yang dipilih netizen," jelas Deputy Director Programming SCTV, David Suwarto, dalam jumpa pers di SCTV Tower, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (5/3/2020).

Maudy Koesnaedi, perwakilan juri, mengatakan para juri IBOMA 2020 kesulitan memilih tiga film terbaik untuk masuk dalam kategori. Meski cukup rumit memilih peserta yang masuk dalam kategori, Maudy Koesnaedi menikmati setiap proses penilaian.

"Selain memberikan apresiasi, penjurian IBOMA juga membuka mata terhadap industri perfilman kita," ujar Maudy Koesnaedi.

15 kategori yang akan diberikan penghargaan IBOMA 2020 di antaranya Film Box Office Terbaik, Pemeran Utama Pria dan Wanita Terbaik, Pemeran Pendukung Pria dan Wanita Terbaik, Sutradara Terbaik, Penulis Skenario Terbaik, Pendatang Baru Terbaik, Poster Film Terbaik, Trailer Film Terbaik, Produser Film of The Year, Soundtrack Film Terbaik, Ensamble Talent Terbaik, Top 10 Film Box Office Tahun Ini, serta kategori terbaru Aktor dan Aktris Terpopuler.

(ari)
 

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait