Luna Maya Jatuh Dari Sepeda, Pengacara Togar Situmorang Beri Tips Bersepeda

Vallesca Souisa | 8 September 2020 | 03:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Akhir pekan lalu, Luna Maya bersepeda bersama teman-temannya di Bali, mengikuti tren gowes yang marak belakangan ini. Sayangnya, saat bersepeda di tengah alam, Luna mengalami kecelakaan. Saat itu, melewati hamparan sawah, Luna mencoba stretching dengan melepas kedua tangannya dari stang sepeda. Tiba-tiba ada angin kencang dan ini membuat Luna oleng. Akhirnya ia terjatuh, dan terluka di bagian pelipis dan tangan. 

“Pas belum pegang grip, angin kencang banget, aku udah oleh. Terus aku terseret. Kacamata pecah, dan pecahannya menusuk ke pelipis. Selebihnya, aku cuma ingat terseret, jatuh split second, begitu,” cerita Luna Maya di kanal YouTube-nya. 
Selain terluka di bagian pelipis, kabarnya tangan Luna sampai dijahit, karena goresan dan benturan lantaran terseret. Meski cukup banyak terluka, Luna Maya mengaku tak kapok bersepeda. Ia merasa apapun yang dilakukan pasti ada risikonya. Dari pengalaman ini, Luna merasa hanya perlu lebih berhati-hati dan sigap saja. 

Peristiwa ini, membuat salah satu pengagumnya, pengacara Togar Situmorang mengingatkan Luna agar lebih memperhatikan keamanan dan kenyamanan dalam bersepeda.  Pengacara yang kerap mendampingi Clara Gopa ini, memang sudah lama kagum pada Luna Maya, sudah sering bertemu, berpapasan, tapi masih sungkan mengobrol dengan sang aktris. Mendengar wanita yang dikaguminya cidera, Bang Togar bersimpati dan berbagi ilmu bersepeda di tengah kesibukannya, lho. 

“Pertama, seharusnya, perlu latihan teratur juga. Apalagi kalau bersepeda jarak jauh. Bersepeda jarak jauh, akan membuat tenaga kita terkuras lebih banyak. Nah, ini perlu melatih pernafasan, melatih otot-otot kaki, menjaga keseimbangan,” tutur Togar Situmorang yang juga mengikuti tren bersepeda. 

Bersepeda memang menjadi olahraga yang merakyat di era new normal ini. Kita bisa melihat semakin banyak orang berpergian dengan sepeda saat ini, atau memang khusus berolahraga dengan sepeda. Bahkan mulai merebak komunitas sepeda. Seperti halnya, Togar Situmorang yang kini juga rutin bersepeda dengan rekan-rekannya. Untuk itu ia memperhatikan hal-hal detil tentang aktivitas bersepeda. “Kedua, kita juga perlu memperhatikan posisi Gir. Posisi gir sepeda menjadi bagian penting dalam performa pesepada, terutama ketika bersepeda jarak jauh. Ini jadi salah satu tips untuk membantu pengaturan ritme tenaga kita juga.” 

Ketiga, menurut Togar Situmorang, penting melatih mengayuh secara konsisten dan stabil. “Bersepeda jarak jauh memerlukan ketahanan fisik yang baik atau endurance. Putaran kayuh kaki itu sebaiknya dijaga, 70 persen dari detak jantung, paling optimal dari tubuh kita.” Ia berharap, baik Luna Maya maupun rekan-rekan artis tetap stay safe dalam melakukan segala aktivitasnya di era new normal ini. 


 

Penulis : Vallesca Souisa
Editor: Vallesca Souisa
Berita Terkait