2 Khasiat Medis Tanaman Alang-Alang

HOME.CO.ID | 9 September 2020 | 14:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Di Indonesia, tanaman alang-alang umum dimanfaatkan sebagai atap rumah. Pembahasan terkait hal ini pun telah dirangkum dalam sebuah artikel yang di-posting sebelumnya. Namun selain sebagai penutup dan penghias atap rumah, ternyata tanaman ini juga bisa jadi obat alternatif.

Beberapa zat yang terkandung di dalamnya memiliki khasiat medis sehingga bisa dimanfaatkan sebagai obat. Lantas apa saja penyakit yang bisa diobati alang-alang? Berikut uraiannya.

Panas Dalam

Manfaat alang-alang bagi kesehatan yang paling terkenal adalah untuk mengobati panas dalam. Bahkan sekarang, sudah banyak produk minuman penghilang panas dalam yang terbuat atau menambahkan alang-alang ke dalam komposisinya. Dengan begitu, penderita penyakit ini pun tak perlu repot-repot untuk mengekstrak alang-alang sebelum meminumnya.

Obat Mimisan

Mimisan atau hidung berdarah dapat diobati dengan alang-alang. Caranya, cuci bersih akar alang-alang, lalu tumbuklah sampai memar dan berair. Peras sampai hanya tersisa airnya. Setelah itu, minumlah air sari dari alang-alang segar tersebut.

Sebagai catatan, manfaat alang-alang sebagai obat hanya bisa didapatkan jika cara pengolahan dan kadar yang digunakan tepat. Untuk itu, penting untuk mengetahui terlebih dahulu cara pemanfaatan tanaman ini untuk obat-obatan. Semoga bermanfaat.

Penulis : HOME.CO.ID
Editor: HOME.CO.ID
Berita Terkait