Bareng Freek dan Saykoji, Swerte Luapkan Keluakan Kesah Selama Lockdown 

Ari Kurniawan | 16 September 2020 | 01:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Swerte bukan nama baru di industri musik Tanah Air. Ia merupakan rapper yang sempat membentuk grup bernama The Southsiderz di Indonesia yang juga sempat menjadi opening act untuk show Dewi Sandra di akhir 90’an. 

Sepanjang kariernya, Swerte telah merilis 3 Mixtape dengan judul “The Mini Mixtape Series” sekaligus project bernama “Raconteur”, yang membuatnya kembali ke Indonesia untuk tampil di beberapa show. Swerte terkenal sebagai rapper yang cerdas memainkan kata-kata. Selain menjadi rapper, dia pun mengelola The Recipe di Dubai sekaligus mengurus kegiatan grup tersebut bersama label tempatnya bernaung. 

Setelah menghabiskan 10 tahun waktunya sebagai member dari The Recipe yang juga sempat menjadi opening act dari beberapa artis internasional seperti Snoop Dogg, Rick Ross, Dave East, dan Koffee, Swerte siap kembali menggebrak dunia musik dengan single debutnya "Esso". 

Tidak sendiri, Swerte juga mengajak Freek, Drill Artist dari Arab, sekaligus musisi rap asal Indonesia, Saykoji. Diproduseri Mjeezy, lagu ini tidak hanya dibawakan dalam satu bahasa saja. Tiga bahasa berbeda ditampilkan dalam "Esso", yaitu Inggris, Indonesia, dan Arab.

"Esso" sendiri bercerita tentang perasaan masing-masing artis serta hal-hal yang mereka alami selama lockdown dan beberapa kejadian yang sudah terjadi selama tahun 2020. Protes, kekecewaan, juga rasa syukur tertuang lengkap di dalam lagu ini. Ditambah kemampuan Swerte untuk memainkan vocal dengan autotune sekaligus membawakan lirik secara cepat lengkap dengan anthemic drill beat yang kuat membuat "Esso" adalah lagu yang tepat untuk menjadi single debut Swerte.

(ari)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait