Ayya, Wanita Tangguh Multi Talenta di Balik Lagu Sesuka Hatimu

Vallesca Souisa Sabtu, 19 September 2020 23:00:22
Sri 'Ayya' Rahayu

TABLOIDBINTANG.COM - Tetap produktif di masa Pandemi, inilah yang  dilakukan Ayya atau wanita bernama lengkap Sri Rahayu (41). Sebagai seorang pengusaha, Ayya juga merasakan dampak dari Covid-19. Tak terkecuali, hampir semua orang, setiap bidang usaha  terkena imbasnya. Namun, wanita kelahiran Gorontalo 19 September ini  memilih menghadapi dengan sikap yang positif.  Kala ritme kerja menurun di masa awal Pandemi, Ayya tetap memompa semangat, mengisi waktunya berkarya di bidang musik. 

“Saya memang hobi menyanyi. Kebetulan juga bisa main gitar, belajar otodidak dari semasa remaja. Jadi kemarin itu saat awal Pandemi banyak di rumah, mau ngapain? Maka saya mengisi waktu bikin lagu, menyanyi, “ ungkap Ayya. 
Rupanya sewaktu duduk di bangku SMP hingga SMA dulu, Ayya sering mengikuti lomba-lomba menyanyi. Salah satunya, ia menjadi peserta Bahana Suara Pelajar, mewakili Gorontalo. “Namun dulu itu saya tidak didukung orang tua. Zaman dulu begitu lho. Profesi di bidang hiburan ini kan dipandang masa depannya suram,” ucap Ayya. Jadi, Ayya selalu mengikuti lomba dengan cara sembunyi-sembunyi. 

“Jadi suatu  kali saya pernah memenangkan lomba,dan akhirnya saya menerima piala, tanpa ada keluarga yang menyaksikan. Orang tua sama sekali enggak tahu,” bilang Ayya. Orang tuanya juga memiliki latar belakang agama yang sangat kuat, sehingga menyanyi pun tak diperbolehkan. Karena memang tak didukung sama sekali di jalur musik, maka Ayya bekerja layaknya keinginan orang tua umumnya. Baru kemudian berjuang memiliki usahanya sendiri. 

Meski demikian, hasrat dan hobinya bermusik tak pernah dikesampingkan. Hingga datang masanya, Ayya bisa mengekspresikan talenta yang selama ini terpendam. Mulai dari awal tahun Ayya menulis lagu. Menulis liriknya sendiri, mencipta nadanya sendiri melalui petikan-petikan gitar. “Lagu pertama saya berikan untuk anak saya Mat, jadi single-nya dia. Kemudian lagu kedua ini saya tawarkan juga ke dia, tapi dia enggak mau. Katanya terlalu orang tua banget. Hahaha,” cerita Ayya. 

Ayya memperdengarkan lagunya kepada keluarga dan teman-teman. Menurut pendapat mereka enak didengar. Tapi mungkin memang terlalu tua untuk anak muda seperti Mat. Akhirnya, Ayya memutuskan untuk menyanyikannya sendiri. Judulnya, “Sesuka Hatimu”.  “Nadanya saya yang cari dan bikin sendiri, lirik bikin sendiri, rekaman juga sendiri, sampai nanti konsep klipnya juga saya yang rancang,” terang Ayya. 

“Sesuka Hatimu” sendiri diakui Ayya juga terinspirasi dari penggalan kisah cintanya di masa lalu. “Jadi lagu ini berkisah tentang seorang wanita yang sayang banget sama pasangannya. Sayangnya, pasangannya ini sikapnya ya suka-sukanya dia saja. Kalau lagi care ya care, kalau lagi cuek ya cuek banget. Enggak ada perhatian khusus. Ini menjalin hubungan tapi tidak ada rasa memiliki,” terang Ayya. 

Ayya memiliki vokal yang bulat, suara yang cukup khas dan tebal. Lagunya sendiri terasa melankolis, dan menghibur. “Sesuka Hatimu” sekarang ini sudah bisa didengarkan di Spotify, Joox, dan video liriknya sudah tersedia di YouTube. Semoga karya ini bisa menjadi teman yang menghibur di masa Pandemi. 
 

Penulis Vallesca Souisa
Editor Vallesca Souisa
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
loading...
YANG INI LEBIH HEBOH
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.