BianGindas Daur Ulang Lagu Dian Piesesha, Tak Ingin Sendiri

Ari Kurniawan | 2 Oktober 2020 | 02:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Grup musik BianGindas kembali hadir dengan karya terbaru. Mereka mendaur ulang lagu berjudul "Tak Ingin Sendiri", yang dipopulerkan Dian Piesesha pada 1984 silam. 

Lagu ciptaan musisi legendaris Pance F. Pondaag itu jadi magnet tersendiri bagi BianGindas untuk membawakannya dengam versi mereka. 

"Di salah satu panggung, saat BianGindas membawakan lagu ini, ribuan penonton ikut menyanyikannya. Jadi terbukti kalau lagu ini bisa diterima oleh semua kalangan baik tua maupun muda" ujar Bian, sang vokalis.

Tak banyak perubahan yang dilakukan oleh BianGindas. Notasi lagu tetap dipertahankan. BianGindas hanya meramu sound yang kekinian sesuai dengan era milenia saat ini. Dan tentu saja, karakter vokal Bian lah yang menjadikan lagu ini berbeda dengan versi aslinya.

"Sebenarnya yang berbeda hanya pemilihan sound, harmony gitar dan ciri khas vokal Bian saja di lagu ini. Karena pada dasarnya lagu ini sudah sangat enak. Jadi cukup disesuaikan saja dengan karakter Biangindas, tidak merubah banyak dari lagu aslinya," beber Bian.

Tak ada kesulitan yang berarti saat BianGindas mengaransemen ulang lagu ini. Hanya daja BianGindas sedikit harus memutar otak untuk mencari chrod yang tepat dan sesuai dengan tone vokal Bian. Wajar memang, lagu ini aslinya dinyanyikan oleh penyayi wanita yang tentu saja memiliki range vokal yang berbeda jauh dengan Bian.

Walau begitu, tak perlu waktu lama bagi BianGindas untuk mendapatkan aransemen yang sempurna.

"Lagu ini memiliki lirik yang dalam dan puitis. Juga notasinya simple dan nempel dengan liriknya. Jadi sangat enak didengar dan mudah dinyanyikan oleh para pendengar lagu ini," tutur Bian.

Mendaur ulang lagu yang sempat populer tentu tak semudah yang dibayangkan. Sebagian musisi merasa sedikit terbebani jika harus melakukan hal tersebut.
Namum hal tersebut tidak berlaku bagi BianGindas. Justru sebaliknya, Bian merada bangga dapat merilis ulang lagu yang sempat populer ini.

"Tidak ada beban berarti sebenarnya, karena bagi BianGindas ini ada sebuah kebanggaan bisa mendapat kesempatan untuk merilis ulang sebuah lagu yang sangat legendaris di Indonesia," kata Bian bangga.

(ari)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait