Membuat Pupuk Kompos dari Sampah Rumah Tangga

HOME.CO.ID Jumat, 9 Oktober 2020 07:00:11
ilustrasi

TABLOIDBINTANG.COM - Cara paling efektif untuk menanggulangi jumlah sampah rumah tangga yang terus meningkat adalah dengan mengubahnya menjadi pupuk kompos.

Dengan begitu, Anda juga tak hanya mengurangi produksi sampah dalam rumah, namun juga membuat Anda berkontribusi dalam mengurangi pencemaran lingkungan akibat sampah, dengan menjadikannya sebagai produk yang bermanfaat.

Sejatinya, ada empat langkah untuk membuat sampah rumah tangga menjadi pupuk kompos. Namun, semua langkah ini terbilang mudah sehingga bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Keempat langkah tersebut antara lain :

1. Memilih sampah

Dalam membuat sampah menjadi pupu organik, tentunya Anda harus memilih sampah yang berasal dari bahan organik. Kemudian, tempatkan sampah organik itu ke dalam satu wadah.

2. Memotong sampah

Agar proses penguraian menjadi lebih mudah, Anda harus memotong sampah menjadi halus, atau setidaknya ukuran sampah tidak terlalu besar.

3. Memberikan mikroba

Aduk semuaa sampah yang ada di dalam wadah secara merata, dan tambahkan 1 sendok teh mikroba atau bakteri pengurai ke dalamnya. Anda juga harus menambahkan 1000 ml air tanah serta gula pasir sebanyak 1 sendok teh. Gunakan abu gosok, serbuk gergaji, maupun sekam padi agar kadar air maupun unsur hara tanah dapat dikendalikan.

4. Proses pematangan

Masukkan sampah tadi ke dalam komposter. Setiap tujuh hari sekali, Anda harus mengaduk sampah tersebut. Kompos yang sudah matang mempunyai ciri dengan warna yang sudah cokelat, tidak ada baunya, serta suhunya 30-32 derajat celcius.

Penulis HOME.CO.ID
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
loading...
YANG INI LEBIH HEBOH
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.