Gokil! Pendapatan Iklan Ikatan Cinta Capai 1 Triliun, RCTI Tambah Tajir

Indra Kurniawan Kamis, 18 Pebruari 2021 07:00:16
Adegan sinetron Ikatan Cinta RCTI. (Ist)

TABLOIDBINTANG.COM - Ikatan Cinta menjadi tontonan favorit pemirsa TV Tanah Air dalam 4 bulan terakhir. Menyajikan cerita drama keluarga dengan konflik yang mengaduk-aduk emosi penonton, hingga 170 episode sinetron MNC Pictures tersebut kokoh di puncak rating.

Kesuksesan Ikatan Cinta membuat para pengiklan mengantre untuk ikut ambil bagian agar pemasaran produk mereka memiliki kesempatan lebih besar untuk menjaring penonton setia sinetron besutan sutradara Doddy Djanas. Saat ini saja iklan di Ikatan Cinta dalam sekali tayang sudah sangat banyak.

Tidak hanya berbentuk iklan reguler pada saat jeda sinetron, namun juga muncul sebagai iklan sisipan dalam alur cerita Ikatan Cinta itu sendiri. Tak jarang iklan sisipan bikin penonton jengkel hingga pecah konsentrasi sebab dimunculkan di tengah ketegangan cerita.

Adegan sinetron Ikatan Cinta RCTI. (Ist)
Adegan sinetron Ikatan Cinta RCTI. (Ist)

Namun begitu, serbuan iklan tak membuat penonton berpaling dan pindah ke saluran tv lain. Mereka lebih memilih tetap mantengin layar kaca, menunggu sampai Ikatan Cinta mulai lagi.

Sepengamatan tabloidbintang.com dari episode 170, Rabu (17/2) malam, ada tiga kali jeda iklan selama 1 jam 30 menit Ikatan Cinta tayang. Total lebih dari 81 produk di tiga kali jeda iklan. Bahkan, saat jeda pertama dan ketiga mencapai 30 produk.

Itu baru iklan reguler. Untuk iklan sisipan total ada 9 produk yang tayang di tengah alur cerita, dengan 3 di antaranya menampilkan cameo tambahan yang tak ada kaitannya dengan para pemeran Ikatan Cinta. Mereka melakukan dialog dengan Ikbal Fauzi dan Chika Waode.

"(Tampil di iklan sisipan) itu sebenarnya bukan kemauan saya. Itu, kan dari kantor (RCTI atau MNC Pictures) terus dilempar ke lapangan, ya kami cuma menjalani aja. Jadi enggak boleh pada marah. Kita di sini juga kerja," ucap Ikbal dilansir tabloidbintang.com dari kanal YouTube Rah Syahputra.

Adegan sinetron Ikatan Cinta RCTI. (Ist)
Adegan sinetron Ikatan Cinta RCTI. (Ist)

Tarif iklan sendiri disesuaikan jam tayangnya. Iklan yang tayang prime time antara jam 7 malam sampai 9 malam tarifnya lebih mahal dari di luar prime time.

Mengacu data yang dibeberkan oleh Michael Tjandra selaku General Manager of Sales PT Surya Citra Media (menaungi SCTV dan Indosiar) di kolom komentar unggahan data estimasi harga iklan TV di akun Instagram IndoTVTrends, 22 Januari 2020 silam, tarif iklan prime time RCTI mencapai 100 juta rupiah per 30 detik sementara prime time SCTV 110 juta rupiah per 30 detik.

Artinya total pendapatan iklan yang diraup RCTI dari episode 170 Ikatan Cinta mencapai 9 miliar rupiah. Apabila dikalikan 122 hari penayangan sejak tayang perdana 19 Oktober 2020 lalu akan didapat hasil 1 triliun 980 miliar rupiah. GOKIL!

(ind)


Penulis Indra Kurniawan
Editor Ari Kurniawan
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
YANG INI LEBIH HEBOH
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.