Sekeren Apa sih Video Pendek Karya Content Creator Kontes Likee Star Idol?

Redaksi | 16 Februari 2021 | 08:25 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kemunculan media sosial membuat orang berlomba-lomba menunjukkan kehebatan dan kebolehannya. Terlebih lagi, saat ini tren platform pembuatan video pendek semakin digandrungi banyak orang. Hasil riset  Cisco Annual Internet Report menunjukkan peningkatan tren konten video pendek bisa mencapai 82% pada 2022 mendatang.

Platform-platform video pendek tersebut menyediakan berbagai kemudahan dalam membuat video pendek seperti alat pengeditan video, fitur-fitur, dan efek kemudahan ini mendorong antusiasme masyarakat untuk berkarya dan menjadi seorang content creator. 

Melihat antusiasme tersebut, platform pembuatan video pendek terkemuka asal Singapura, Likee, terpicu untuk mengadakan kontes ‘Likee Star Idol’ untuk mencari content creator paling berbakat di Indonesia. Kontes ini telah diadakan pada 4-7 Februari untuk mencari 75 content creator berbakat yang akan melanjutkan langkahnya menuju babak final.

“Indonesia mempunyai banyak content creator yang berbakat dan kreatif, yang bisa dilihat pada hasil konten di Likee. Kami pun tergerak untuk menciptakan ‘panggung’ bagi generasi muda untuk mengekspresikan diri mereka dan menunjukkan bakatnya, serta bersinar melalui Likee. Hal ini sesuai dengan komitmen kami yang tercermin pada slogan Likee ‘Saatnya Kamu Bersinar’,” ujar Country Manager of Likee Indonesia, Theon Hsu.

Pada babak pertama, Likee menantang para content creator untuk mengekspresikan diri dan menunjukkan bakatnya dengan membuat video pendek sesuai dengan kategori yang dikuasainya. Ada berbagai kategori yang diadakan Likee, untuk memastikan setiap orang dengan bakat berbeda bisa ikut serta dalam Likee Star Idol. Apa saja kategori yang dikonteskan Likee dalam kontes ‘Likee Star Idol’ dan seperti apa hasil-hasilnya? Simak ulasan berikut ini!


1. Beauty

Kategori ini diperuntukkan untuk para content creator yang mempunyai keahlian dalam merias wajah. Kamu bisa menyaksikan berbagai video make-up yang kreatif dan menginspirasi, seperti karya face painting oleh Yayat (@muhfadlyhidayat) atau penampilan sebelum dan sesudah make-up milik Ovie (@ovienoviera). Carilah tagar #MakeUpPower dalam aplikasi Likee untuk cari tahu lebih banyak lagi!

2. Drama

Likee juga menantang para content creator yang bertalenta dalam berakting. Para content creator diminta untuk membuat drama yang mengikuti tema lagu Dokter Cinta yang dipopulerkan oleh Dewi Dewi dan mengunggahnya dengan tema #NyinyirOnline. Banyak content creator yang mengajak teman-temannya untuk membuat video yang super kreatif seperti milik Zayyan Sakha (@ZayyanSakha04) dengan lebih dari 41.000 likes. Selain itu, content creator lain yang dikenal dengan video dramanya adalah Maisa Chantika (@chantika1556) yang berhasil memperoleh 100.000 views. 

3. Musik

Sesuai dengan namanya, Likee menantang para content creator yang menyukai musik untuk bernyanyi, menunjukkan kemahiran mereka dalam membuat video lipsync. Lagu berjudul Katakan Saja (#KatakanSaja) yang dipopulerkan oleh Kifnu menjadi tema utama dalam kontes ‘Likee Star Idol’ kategori Musik. Salah satu yang berhasil dengan bakat lipsync-nya dan mencuri lebih dari 2.000 likes dari penonton ialah Syahrinaputry_BQ (@syahrinaputry_BQ). Dia mampu menunjukkan kemampuan lipsync dan mengekspresikan lirik lagunya dengan tepat.

4. Game

Mau tahu sejago apa para content creator Likee dalam bermain game? #SamaSamaMain merupakan tantangan untuk para gamer yang juga content creator di Likee. Mereka menunjukkan kepada semua orang kemahiran dalam memenangkan permainan dan mendapatkan poin tertinggi. Beberapa juga menunjukkan skill terapiknya saat bermain mobile game seperti MLBB, PUBG, dan Free Fire, seperti milik Wahyu (@wahyukadeoo1) dan berhasil mendapatkan lebih dari 10.000 jumlah likes.

5. Olahraga

Yup! Kamu tidak salah baca! Ada juga ruang untuk content creator yang suka dengan aktivitas fisik dan berolahraga. Kamu bisa menemukan berbagai macam aktivitas olahraga dan inspirasi cara hidup sehat seperti milik Raden Bostony (@raden03) yang menarik perhatian dari awal babak penyisihan. Selain menantang para content creator, video-video yang terkumpul dalam tagar #2021HidupSehat dapat menjadi inspirasi untuk kamu dalam menjaga kesehatan di tengah pandemi seperti saat ini.

Masih banyak lagi kategori konten kreatif dan peserta yang berhasil masuk dalam babak final. Kamu bisa melihatnya pada aplikasi Likee dan mengklik banner ‘Likee Star Idol’ pada halaman pencarian dan menemukan berbagai kategori di sana.

Pada babak final, para peserta ini harus membuat video dan mengadakan live streaming pada aplikasi Likee. Pemenang akan ditentukan dari nilai akumulasi masing-masing peserta berdasarkan tiga hal, yaitu jumlah likes video Instagram, jumlah likes video Likee, dan jumlah penonton live streaming. Lima pemenang content creator terbaik akan diumumkan pada 21 Februari mendatang dan berkesempatan untuk mendapatkan total hadiah dengan nilai mencapai 1.500 dolar AS atau setara dengan 21 juta rupiah.

“Likee membuka kesempatan bagi seluruh pengguna Likee dan masyarakat luas untuk ikut serta dalam memilih content creator berbakat. Harapannya hal ini dapat membuat para content creator merasa terapresiasi atas karyanya dan mendorong lebih banyak orang untuk terus berkreativitas,” kata Theon.

Likee memberikan kemudahan bagi pengguna agar dapat membuat video menarik dan merekam momen yang mengesankan. Oleh karena itu, Likee memperoleh peringkat pertama dalam deretan “Top 10 Breakout Apps” menurut laporan App Annie tahun 2019. Selain itu, Likee juga memperoleh posisi keenam dalam daftar “Top Apps Overall Worldwide” di Q1 tahun 2020 menurut Sensor Tower. Likee memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan pengalaman yang unik, di mana pengguna dapat mengeksplorasi kreativitas, mengekspresikan diri, serta mendapatkan kesempatan untuk berkomunikasi dengan idolanya melalui berbagai challenge. #SaatnyaKamuBersinar dengan wujudkan ide-ide kreatif di Likee!

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait