Program 'Yok-yok Ayok Daur Ulang' Ajak Khalayak Peduli dan Ramah Lingkungan

Adi Adrian Kamis, 18 Pebruari 2021 08:35:20
Awal tahun ini, Indonesia dilanda sejumlah bencana dari banjir hingga tanah longsor. Ajakan untuk lebih ramah lingkungan menguat.

TABLOIDBINTANG.COM - Awal tahun ini, Indonesia dilanda sejumlah bencana dari banjir hingga tanah longsor. Ajakan untuk lebih ramah lingkungan menguat. Sebelumnya, sejumlah pihak mengajak masyarakat untuk lebih sayang lingkungan. Trinseo, perusahaan global penyedia material, produsen plastik, perekat lateks, dan karet sintetis, pekan ini mengumumkan bergabungnya Pemerintah Kota Tegal, sebagai penyelenggara program “Yok Yok Ayok Daur Ulang!” Walikota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono, S.E., M.M., membenarkan.

 “Kami berkomitmen mengelola sampah melalui sinergi dengan stakeholder melalui program daur ulang sampah untuk menggerakkan ekonomi sirkular,” terangnya dalam siaran pers yang kami terima pekan ini. September 2020, program ini menggelar webinar pertama di Indonesia yang membahas dan mengedukasi pengelolaan sampah. Desember 2020, webinar kedua dihelat dengan topik “Apakah Zero Landfill Dapat Dicapai di Indonesia dengan Melarang Penggunaan Plastik Sekali Pakai? Peran Pemerintah Daerah Sangat Penting.”

Wakil Presiden Plastik dan Bahan Baku di Trinseo sekaligus Presiden di Styrenics Circular Solutions, Nicolas Joly, menyambut Pemerintah Kota Tegal dalam program “Yok Yok Ayok Daur Ulang!” “Kolaborasi ini contoh sempurna bahwa kerja sama banyak pihak bisa menutup loop lingkaran ekonomi sirkular di Indonesia. Kami juga merencanakan gambaran untuk ke depannya melalui sinergi di seluruh rantai nilai,” ujarnya. Sementara itu, Direktur Kemasan Group, Wahyudi Sulistya, menyoroti pentingnya daur ulang sampah plastik.

“Daur ulang sampah plastik memiliki nilai ekonomis tinggi. Untuk itu, Kemasan Group menyumbangkan kepada pusat pengelolaan sampah Kota Tegal satu unit mesin pemadat PS dan satu unit mesin predator sampah. Mesin predator ini mampu mengolah 20 ton sampah basah setiap hari,” kata Wahyudi. Sebagai informasi tambahan, peresmian virtual Pusat Daur Ulang Sampah Kota Tegal akan digelar 24 Februari 2021, sekaligus merayakan Hari Peduli Sampah Nasional Indonesia pada 21 Februari 2021 dengan tema terkait ekonomi sirkular.


Penulis Adi Adrian
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore