TOSSAKA 17th Boost Your Spirits, Reach the Unlimited

Vallesca Souisa Sabtu, 20 Pebruari 2021 18:00:06
Tossaka 17th

TABLOIDBINTANG.COM - TOSSAKA 17th merupakan kegiatan Try Out UTBK yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (BEM FMIPA UI) 2020. Pada tahun ini, TOSSAKA 17th sudah memasuki tahun ke-17 pelaksanaannya. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan TOSSAKA 17th pada tanggal 30 Januari 2021 lalu dapat dikatakan lebih menantang karena keadaan Indonesia yang semakin buruk akibat Covid-19 sehingga mengharuskan TOSSAKA 17th dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom Meeting dan YouTube Live. Meskipun demikian, TOSSAKA 17th dihadiri sebanyak 271 peserta yang sebagian besar siswa/siswi tahun terakhir SMA sederajat. Hal tersebut menunjukkan bahwa kondisi pandemi ini tidak menghalangi usaha para peserta untuk mengejar impian mereka.


 
Dengan mengusung tema rocketship dan tagline "Boost your spirits, Reach the unlimited," TOSSAKA 17th berharap dapat menjadi jembatan bagi para peserta untuk mendorong daya juang para calon mahasiswa untuk menggapai mimpi yang tak terbatas. Walaupun terdapat hambatan dan rintangan pada pelaksanaan TOSSAKA 17th, acara tahunan BEM FMIPA UI ini dikemas dengan susunan acara yang sangat menarik dan bermanfaat. Pelaksanaan TOSSAKA 17th terdiri dari try out atau simulasi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), seminar motivasi, bedah fakultas, dan pembahasan soal try out. Rangkaian acara dari TOSSAKA 17th ini dapat menjadi sarana bagi para peserta agar dapat mengembangkan, mempersiapkan, dan mengeksplorasi kemampuan diri semaksimal mungkin hingga peserta dapat menjadi pribadi yang siap menghadapi UTBK 2021 dan dunia perkuliahan.

Perjalanan TOSSAKA 17th dimulai dengan pelaksanaan try out UTBK. Try out berupa Computer Based Test (CBT) dapat diikuti oleh setiap peserta menggunakan perangkat komunikasi yang terhubung dengan layanan internet dari rumah masing-masing dengan sistem daring. Dalam penyelenggaraan try out, TOSSAKA 17th bekerja sama dengan Pahamify, sebuah aplikasi belajar online berkualitas premium yang menyajikan materi pembelajaran dalam bentuk video, animasi, dan kuis untuk mengevaluasi hasil belajar. Try out yang diadakan TOSSAKA 17th ini dirancang sesuai dengan ketentuan UTBK 2021, mulai dari soal hingga waktu pengerjaannya. Hasil jawaban peserta kemudian akan dikoreksi secara otomatis oleh sistem yang ada. Penyelenggaraan try out seperti ini dilakukan sebagai gambaran dan uji coba bagi peserta untuk merasakan atmosfer pengerjaan UTBK 2021 yang akan datang.

Berbeda dari penyelenggaraan UTBK 2020, UTBK 2021 mengujikan Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA). TPS bertujuan untuk mengukur kemampuan kognitif peserta, sedangkan TKA bertujuan untuk mengukur kemampuan khusus sesuai bidang akademik dan mengasah High Order Thinking Skills (HOTS). TPS memiliki 4 subtes yang terdiri dari Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis. TKA terbagi menjadi TKA Saintek dan TKA Soshum, yang masing-masing memiliki 4 subtes. TKA Saintek terdiri dari Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi, sedangkan TKA Soshum terdiri dari Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi.

Pada seminar motivasi tahun ini, TOSSAKA 17th menyuguhkan pembicara yang sangat menarik dan motivatif, yaitu Fauzan Al Rasyid, seorang editor senior di Russia Beyond dan education influencer, serta Miracle Sitompul, seorang content creator, yang keduanya merupakan alumni Universitas Indonesia. Seminar motivasi ini juga dihadiri oleh Mahesa Oktareza selaku Ketua BEM FMIPA UI 2020 sebagai moderator. Dengan menceritakan pengalamannya berjuang masuk PTN dan menjalani masa perkuliahan, kedua pembicara memotivasi dan menginspirasi para peserta untuk bekerja keras dalam meraih PTN yang mereka inginkan. Kak Fauzan berpesan bahwa semua orang memiliki peluang yang sama untuk masuk ke PTN, yang dibutuhkan bukan hanya mempunyai potensi untuk lulus, tetapi juga rasa yakin dan konsisten untuk terus belajar. Kak Miracle berpesan bahwa dalam memilih jurusan, kita harus mempertimbangkan tujuan hidup dan mimpi-mimpi kita. Peserta kemudian diperbolehkan memberikan pertanyaan kepada kedua pembicara sehingga seminar motivasi berlangsung secara interaktif. Seminar motivasi ini tentunya menumbuhkan daya juang peserta yang sedang mempersiapkan diri menghadapi UTBK.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, TOSSAKA 17th kembali mengadakan bedah fakultas yang menampilkan 15 fakultas dan program yang ada di Universitas Indonesia. Bedah fakultas ini menghadirkan perwakilan mahasiswa aktif sebagai narasumber yang siap membagikan pengalaman dan ceritanya kepada para peserta TOSSAKA 17th. Bedah fakultas diadakan menggunakan aplikasi Zoom Meeting yang terbagi dalam beberapa room dimana peserta dibebaskan masuk ke fakultas dan program yang mereka inginkan. Sesi ini diawali dengan paparan materi dari narasumber, mulai dari informasi mengenai fakultas, program studi, akreditasi, jalur masuk, biaya pendidikan, fasilitas, akademik, hingga prospek kerja. Selain pemaparan materi, dibuka juga sesi tanya jawab yang memperbolehkan peserta menanyakan hal yang ingin ditanyakannya kepada narasumber. Selain memberikan insight-insight yang inspiratif dan motivatif mengenai dunia perkuliahan, bedah fakultas diharapkan dapat memberi informasi dan gambaran mengenai fakultas dan jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat para peserta TOSSAKA 17th.

Selain try out, seminar motivasi, dan bedah fakultas, TOSSAKA 17th juga mengadakan pembahasan soal yang baru saja mereka kerjakan. Materi yang dibahas pada pembahasan soal ini meliputi Pemahaman Bacaan dan Menulis yang dijelaskan oleh Kak Fauzan Al Rasyid dan materi lainnya, yaitu Matematika Saintek, Kimia, Geografi, dan Sosiologi yang dibahas secara langsung oleh panitia TOSSAKA 17th. Pada sesi ini, soal yang dibahas adalah soal-soal yang terbilang susah dan menjebak seperti tipe soal-soal yang biasanya diujikan pada UTBK. Selain pembahasan yang jelas dan mendetail, peserta juga diberikan tips dan trik dalam mengerjakan soal serta sedikit tambahan materi. Peserta juga diperbolehkan mengajukan pertanyaan secara langsung kepada narasumber. Pembahasan soal ini dimaksudkan agar para peserta dapat memperbaiki kekurangan mereka dan lebih siap menghadapi pelaksanaan ujian yang sesungguhnya.
 
TOSSAKA 17th memang disajikan secara berbeda dibandingkan dengan pelaksanaan pada tahun-tahun sebelumnya, tetapi perbedaan inilah yang menjadikannya lebih berkesan. Meskipun hanya diselenggarakan dalam bentuk daring, kemegahan dan antusiasme TOSSAKA yang selalu ada di setiap tahun penyelenggaraannya juga tetap terasa pada tahun ini. Dengan rangkaiannya, TOSSAKA 17th diharapkan dapat mendorong daya juang dan mengarahkan para peserta untuk dapat masuk ke PTN impian mereka. Rangkaian TOSSAKA 17th juga diharapkan menjadi sarana bagi para peserta agar dapat mengembangkan, mempersiapkan, dan mengeksplorasi kemampuan diri mereka semaksimal mungkin, hingga pada akhirnya, dari setiap perjalanan dan proses yang dilewati, dapat membentuk setiap peserta menjadi pribadi yang siap menghadapi UTBK 2021.
 


Penulis Vallesca Souisa
Editor Vallesca Souisa
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
YANG INI LEBIH HEBOH
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.