RCTI+ Hadirkan Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Redaksi | 1 Maret 2021 | 23:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pendidikan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam memajukan bangsa. Salah satunya yang menarik disoroti adalah kualitas perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Sejumlah kampus di Tanah Air terus menunjukkan tajinya untuk bisa bersaing dengan jajaran perguruan tinggi di tingkat internasional. 

News RCTI+ memberitakan berita-berita pendidikan yang update. Berita terbaru adalah peringkat yang disusun oleh UniRank terhadap 100 Universitas Islam di dunia. Secara mengejutkan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Indonesia berada di peringkat pertama. UMM berhasil mengalahkan universitas-universitas Islam lainnya yang cukup terkenal seperti Universitas Cairo di Mesir ataupun Iran University of Science and Technology, Iran. Dari 10 besar universitas Islam terbaik di dunia versi Unirank ini, lima diantaranya berasal dari Indonesia. Sangat membanggakan! 

Berita soal prestasi UMM ini banyak muncul di News RCTI+ dengan sajian yang dikemas dari berbagai angle. Ada yang merasa bangga, banyak juga yang mempertanyakan metode pemeringkatan yang dilakukan oleh UniRank. Berita terkait pendidikan memang selalu menyedot perhatian pembaca apalagi jika menyangkut prestasi anak bangsa di tingkat dunia. 

Maklum saja berita pendidikan tidak hanya dibaca oleh mereka yang menjadi pemangku kepentingan, namun juga dibaca juga oleh para orang tua, pelajar dan mahasiswa, serta para pelaku bisnis. Potensi pembaca berita pendidikan sangat besar, diperkirakan mencapai lebih dari setengah populasi. Itu sebabnya berita pendidikan jadi salah satu rubrik atau kanal di berbagai media. Di  News RCTI+, berita pendidikan dapat dibaca di Kanal Nasional dan Gaya Hidup. 

"News RCTI+ memang sangat peduli dengan berita-berita bertema pendidikan. Termasuk juga berita-berita tentang pendidikan tinggi. Berita ini banyak menyedot perhatian pembaca," ungkap Co-Managing Director RCTI+, Valencia Tanoesoedibjo. 

Dengan berita-berita di atas, News RCTI+ ingin berkontribusi dalam mendorong dan memajukan pendidikan di Indonesia. Karena bagaimana pun pendidikan merupakan elevator untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat Indonesia. 

Tak hanya kampus Islam, sejumlah perguruan tinggi negeri Tanah Air juga mulai diakui keberadaannya di ranah global. Misalnya, paling sedikit ada sembilan kampus kebanggaan bangsa masuk dalam pemeringkatan di Times Higher Education (THE) World University Ranking 2020. 

Dalam THE World University Rankings tersebut Universitas Indonesia (UI) kembali memuncaki sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia dengan peringkat 801 dunia. Berikutnya Institut Teknologi Bandung (ITB); Universitas Brawijaya (UB); Universitas Diponegoro (Undip); dan Universitas Gadjah Mada (UGM). Kemudian Institut Pertanian Bogor (IPB); Universitas Padjadjaran (Unpad); Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS); dan Telkom University. 

Selain itu, masih banyak lembaga pemeringkatan tingkat dunia lain yang juga menyertakan kampus-kampus di Indonesia dalam daftar terbaiknya. Sebut saja Quacquarelli Symonds (QS) Asia University Rankings (QS AUR) 2021 telah merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia. Ada 30 perguruan tinggi di Indonesia dari total 650 kampus Asia yang masuk dalam tersebut. Ada juga Webometrics Ranking of World Universities 2021 yang mencatat UGM Yogyakarta sebagai universitas terbaik di Indonesia. 

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait