7 Tahun Berturut-turut, MNC Group Kembali Siarkan EURO 2020

Ari Kurniawan Rabu, 9 Juni 2021 07:00:08
Jumpa pers Euro 2020 MNC Group.

TABLOIDBINTANG.COM - MNC Group kembali dipercaya sebagai Official Broadcaster UEFA EURO 2020 yang berlangsung pada tanggal 12 Juni hingga 12 Juli 2021. Event yang diadakan empat tahun sekali tersebut selalu ada di Media Free To Air (FTA) milik MNC GROUP mulai tahun 1996, 2000, 2004, 2008, 2012 dan terakhir 2016. Artinya, tahun ini merupakan ketujuh kalinya secara berturut-turut MNC Group memegang hak siar UEFA EURO 2020 di Indonesia. 

Meski diadakan empat tahun sekali, pesta akbar sepakbola di Benua Eropa ini sempat tertunda selama setahun lantaran kondisi pandemi COVID-19 yang melanda dunia. Seiring dengan berangsurnya kondisi Pandemi yang mulai membaik khususnya di Eropa, UEFA memutuskan UEFA EURO 2020 dinyatakan bisa dilangsungkan tahun ini.
 
“MNC Group sebagai media terbesar yang terintegrasi di Asia Tenggara, selalu berkomitmen menghadirkan tayangan terbaik bagi masyarakat Indonesia. Tahun ini, kami menghadirkan pesta sepakbola termegah di Eropa yaitu UEFA EURO 2020, mulai dari babak penyisihan group hingga final. Semoga tayangan pertandingan UEFA EURO 2020 yang disiarkan dapat menjadi hiburan bagi seluruh masyarakat Indonesia, terutama pada saat pandemi Covid-19 seperti saat ini,” kata Hary Tanoesoedibjo, Executive Chairman MNC Group.


 
Nantinya pertandingan terbaik UEFA EURO 2020 dapat disaksikan di RCTI, MNCTV dan INEWS. Ada 34 pertandingan live di RCTI termasuk perempat final, semifinal dan final, kemudian 5 pertandingan live di MNCTV. INEWS juga menayangan live 39 pertandingan tersebut dan juga menyiarkan siaran ulang seluruh pertandingan.
 
Saat ini, Audience Share dari televisi free to air (FTA) milik MNC Group sangatlah tinggi, seperti terlihat dari data selama 2021 (Januari - Mei 2021) mencapai 52,6 persen pada slot Prime-Time dan 40,7% pada slot non Prime-Time. Diyakini  pada saat program UEFA EURO 2020 bergulir nanti Audience Share semua televisi free to air (FTA) milik MNC Group akan semakin meningkat.
 
Tidak lah berlebihan keyakinan di atas, hal ini didasari hasil tayangan UEFA EURO 2016 yang tayang di RCTI, dimana pada pertandingan final yang mempertemukan Portugal melawan Prancis meraih audience share sebesar 60,0 persen. Sementara pencapaian audience share tertinggi pada UEFA EURO 2016 pada saat pertandingan Jerman versus Prancis yang mencapai audience share 62,4 persen. Bahkan pada tahun 2012, final yang mempertemukan Spanyol melawan Prancis, meraih share 64,3 persen. Adapun pencapaian terbaik, ketika pertandingan Inggris versus Swedia yaitu share sebesar 71,0 persen, suatu torehan yang luar biasa untuk tayangan olah raga di televisi.
 
“Dengan keberhasilan MNC Group menjadi official broadcaster UEFA EURO selama tujuh kali secara berturut-turut, menunjukkan bahwa MNC Group selalu mendapat kepercayaan karena memiliki jaringan terluas di Indonesia.  Kami bertekad semua masyarakat diseluruh penjuru Nusantara dapat menyaksikan siaran yang menghibur, mendidik dan memberikan informasi kepada seluruh masyarakat,” ucap Hary Tanoesoedibjo.
 
UEFA EURO 2020 diadakan di 11 kota pada 11 negara yang berbeda di Eropa. UEFA EURO yang dilangsungkan tahun 2021 menjadi spesial lantaran dihelat bertepatan dengan peringatan 60 tahun sejarah bergulirnya turnamen bergengsi ini. Selain itu juga, ini untuk pertama kalinya, UEFA EURO digelar di seluruh bagian benua biru karena digulirkan di 11 kota dari 11 negara berbeda yang akan jadi tuan rumah bersama. Kecuali Azerbaijan dan Rumania yang juga menjadi tuan rumah namun tidak ikut dalam kompetisi UEFA EURO 2020. 
 
Kopenhagen yang merupakan Ibu kota Denmark, akan menjadi satu-satunya wakil dari Eropa Utara sebagai tuan rumah bersama. Sementara itu, perwakilan Eropa Timur adalah Rusia (St. Petersburg) dan Azerbaijan (Baku). Italia (Roma) dan Spanyol (Sevilla) menjadi wakil tuan rumah dari Eropa Selatan, sedangkan Eropa Tengah diwakilkan oleh Rumania (Bucharest) serta Hungaria (Budapest). Eropa Barat bakal menjadi wilayah yang mendapat jatah tuan rumah paling banyak yaitu ada 4 negara dengan 4 kota yang menjadi tuan rumah, yakni Inggris (London), Jerman (Munchen), Belanda (Amsterdam), dan Skotlandia (Glasgow).


Penulis Ari Kurniawan
Editor Ari Kurniawan
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
YANG INI LEBIH HEBOH
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.