Film Interaktif Pertama di Indonesia, Penonton Ikut Terlibat dalam Alur Cerita

Ari Kurniawan | 11 Juni 2021 | 03:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sutradara Alvin Rizky Ismail menghadirkan karya terbaru, yakni sebuah film bergenre horor berjudul "Dengar", yang dibintangi Oka Antara, Lania Fira, Jajang C. Noer, dan Ismi Melinda. Film hasil kerjasama Hidoep Sinema bersama Asosiasi Desa Kreatif Indonesia (ADKI) dan Tiket.com ini digadang-gadang sebagai film interaktif pertama di Indonesia.

Alvin mengatakan ide awal pembuatan karyanya kali ini bermula dari keprihatinan atas lesunya industri film akibat pandemi Covid-19. Alvin memutar otak untuk tetap membuat film, dengan menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. Tercetuslah ide untuk menggarap film interaktif, dimana para pemain tidak harus saling bertatap muka. 

“Semula idenya adalah bagaimana kita bisa membuat film dengan kru dan lokasi yang terbatas untuk menyiasati situasi pendemi ini,” ungkap Alvin, dalam jumpa pers di Jakarta, baru-baru ini. 

Alvin memilih untuk membuat film dengan menggunakan Zoom, yakni platform yang semakin akrab dengan masyarakat sejak penerapan sistem belajar dan bekerja dari rumah diberlakukan. Lewat media ini para penonton bisa berinteaksi langsung dengan para pemain saat film berjalan. 

"Jadi kami bikin sesi live streaming. Para pemain standby di set, sehingga mereka bisa menyapa penonton secara langsung. Artinya penonton juga terlibat dalam alur cerita," jelas Alvin.

Tidak hanya berhenti di satu film, kolaborasi dengan Asosiasi Desa Kreatif Indonesia juga melahirkan sebuah program berkelanjutan dengan nama "One Village, One Movie". Nantinya Dengar sebagai film interaktif akan berlanjut dalam bentuk series di sejumlah desa kreatif di Indonesia.

“Dengar akan berlanjut di Desa Destinasi Pariwisata Super Prioritas dalam Program One Village, One Movie. Ini adalah sebuah program kolaborasi kami dengan Kemenparekraf & Kemendes PDTT RI,” ujar Fikri El-Aziz, Ketua Asosiasi Desa Kreatif Indonesia sekaligus Co-Producer Dengar.

Film Dengar mendapat sambutan hangat dari Kemenparekraf RI, Menteri Pariwsata & Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno. Adapun lima desa yang ditunjuk sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas yaitu Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang.

Wakil Menteri Desa PDTT RI, Budi Arie Setiadi, yang juga hadir dalam konferensi pers mendukung penuh kelanjutan kisah Dengar yang akan melaukan proses produksi di desa-desa.

“Ini adalah sebuah inovasi yang luar biasa dari generasi muda. Mewakili Kementeria Desa PDTT RI saya mendukung penuh langkah kreatif dari Dengar Movie untuk membuka lapangan kerja baru di Desa- Desa melalui pengembangan ekonomi kreatif,” Ujar Budi Arie Setiadi yang juga Ketua Dewan Pembina Asosiasi Desa Kreatif Indonesia.

(ari)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait