Reza Rahadian Juri Utama Kompetisi Film Pendek Berhadiah Beasiswa ke Prancis

Redaksi Rabu, 16 Juni 2021 12:00:06
Reza Rahadian (dok. tabloidbintang.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Kedutaan Besar Prancis di Indonesia dan Institut Prancis Indonesia menyelenggarakan kompetisi film pendek dengan hadiah beasiswa pendidikan S1 di jurusan Seni Pertunjukan, Studi Film dan Sinematografi di Prancis.

Dalam siaran pers yang diterima redaksi tabloidbintang.com, tertulis bahwa ajang ini akan diselenggarakan dari 15 Juni hingga 1 Agustus 2021, kompetisi film pendek ini terbuka untuk semua anak muda Indonesia berusia 18 hingga 21 tahun dan sudah lulus setingkat sekolah menengah atas. Program ini akan memilih anak muda bertalenta yang memiliki antusiasme di bidang sinema, dan mendukung talenta tersebut untuk memperdalam ilmu sinematografi di Prancis.

Tim penilai kompetisi ini akan diketuai oleh Reza Rahadian, aktor Indonesia yang telah meraih 4 piala citra untuk kategori Pemeran Pria Terbaik, Meninaputri Wismurti, Co-Director Europe on Screen, Amandine D'Azevedo, dosen dalam studi film di Universitas Paul-Valéry - Montpellier 3 dan Stéphane Dovert, Direktur Institut Prancis Indonesia. 

Prancis memiliki tradisi sinema yang kuat dan inovatif, bahkan film studio tertua diciptakan pada 1895 oleh Léon Gaumont, seorang engineer Prancis. Pada masa sekarang Prancis adalah eksportir film terbesar kedua di dunia dan Paris memiliki jumlah sinema terbanyak di dunia, berdasarkan ukuran dari jumlah bioskop per penduduk.  Setiap tahun di bulan Mei Prancis menyelenggarakan Festival Film Internasional paling bergengsi, Cannes Film Festival.

Terkait dengan sejarah sinema Prancis, salah satu universitas terbesar di dunia yang memiliki spesialisasi studi film berada di Prancis: Universitas Paul Valéry Montpellier 3. Universitas yang terkenal dengan kualitas teknis dan talenta filmnya ini telah menandatangani kemitraan dengan Institut Prancis di Indonesia untuk memberikan kesempatan bagi seorang pemuda Indonesia untuk meraih gelar sarjana dalam studi film.

Satu Sutradara film pendek terbaik akan mendapatkan beasiswa penuh yang ditawarkan oleh Kedutaan Besar Prancis di Indonesia termasuk:

  • Pelatihan bahasa Prancis hingga level C1 di Institut Français d’Indonésie, pada tahun akademik 2021/2022, sebelum menempuh Pendidikan di Prancis
  • Biaya transportasi Jakarta – Paris
  • Kepastian penerimaan di bidang studi Seni Pertunjukan, Studi Film dan Sinematografi Universitas Paul-Valéry - Montpellier 3 dari tahun akademik 2022/2023 sampai 2024/2025
  • Beasiswa selama durasi program S1 nya (3 tahun)

Penulis Redaksi
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
YANG INI LEBIH HEBOH
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.