5 Film Nominasi Festival Film Cannes 2021 Tayang di KlikFilm

Ari Kurniawan | 7 Juli 2021 | 13:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Perhelatan Festival Film Cannes yang berlangsung sejak 6 Juli sampai 17 Juli 2021 dilangsungkan dengan protokol kesehatan yang ketat. Ini adalah Festival Film Cannes pertama di masa pandemi Covid 19 yang sedang melanda dunia.

Sejumlah film yang diantisipasi para penikmatnya akan tayang dan bersaing di kategori Competition, termasuk film terbaru dari aktor pemenang Oscar Sean Penn, "Flag Day", juga akan bersaing pada kompetisi tahun ini. 

Selain itu, ada puluhan film lainnya yang akan bersaing dalam rubrik Competition Cannes 2021. Dari daftar film-film yang hadir di Festival Film Cannes 2021, lima film diantaranya akan dapat disaksilan melalui platform digital karya anak Indonesia KlikFilm. 

Lima judul film peserta Festival Film Cannes yang dapat disaksikan di Klik Film adalah, Flag Day (Sean Penn - USA), A Hero (Asghar Farhadi - Iran), Petrov's Flu (Kirill Serebrennikov - Rusia), Nitram (Justin Kurzel - Australia), dan Aline : The Voice Of Love (Valerie Lemercier - France).

Direktur KlikFilm, Frederica mengungkapkan rasa senangnya karena daftar lima film yang akan tayang di KlikFilm masuk dalam nominasi Festival Film Cannes." Sebuah kebahagiaan buat KlikFilm, mendapat kepercayaan menghadirkan film-film yang masuk dalam nominasi Festival Film Cannes 2021. Saat ini kami sedang menunggu jadwal tayang resmi internasional dari pihak produser," ujarnya.

Berikut sinopsis lima film nominasi Festival Film Cannes yang akan tayang di KlikFilm:

Flag Day

Film ini mengisahkan seorang ayah yang menjalani kehidupan ganda sebagai pemalsu, perampok bank, dan penipu untuk menafkahi putrinya ini, disutradarai oleh aktor peraih Oscar, Sean Pean. Selain itu, Sean juga mengajak putrinya, Dylan Penn. Film ini merupakan adaptasi dari memoar terkenal  Jennifer Vogel "Flim-Flam Man: Kisah Nyata Kehidupan Palsu Ayahku.

Aline : The Voice Of Love

Ini adalah sebuah film Prancis yang terinspirasi oleh kehidupan  Céline Dion. Aktor, penyanyi, pembuat film Prancis Valérie Lemercier menyutradarai dan juga berperan sebagai protagonis, yang lintasan hidupnya tampak seperti Dion dan mendiang suaminya René Angélil.Sebaliknya, karakter utama bernama Aline Dieu dan manajernya yang menjadi suaminya bernama Guy-Claude.

Nitram

Pemilihan film "Nitram" yang disutradarai Justin Kurzel untuk kompetisi utama di Festival Film Cannes dijamin akan membuat geger di Australia.

Ditulis oleh Shaun Grant, film ini didasarkan pada Pembantaian Port Arthur yang terkenal pada tahun 1996 di Tasmania, di mana 35 orang tewas dan 23 lainnya terluka. Penceritaan kembali Kurzel dipahami untuk menghindari penggambaran pembunuhan secara langsung dan untuk menghindari penggunaan nama si pembunuh. Penyamarannya, bagaimanapun, sengaja dibuat tipis. "Nitram" adalah ejaan terbalik dari Martin Bryant dari pembunuh Port Arthur.

Di satu sisi, "Nitram" akan dirayakan sebagai film Australia pertama di bagian utama bergengsi selama enam tahun. Di sisi lain, menempatkan film di atas alas berisiko membuka kembali luka yang disebabkan oleh pembunuhan massal yang digambarkannya tetapi tidak sepenuhnya ditanggung.

Petrov's Flu

Film ini merupakan film kedua karya sutradara Kirill Serebrennikov yang masuk Festival Film Cannes setelah Leto. Meskipun disusun sebelum pandemi, film Oetrov's Flu yang merupakan adaptasi novel 2018 Alexey Salnikov “The Petrovs In and Around the Flu” tentu memiliki resonansi baru karena menangkap kehidupan di Rusia pasca-Soviet, khususnya di sebuah kota di pergolakan epidemi flu.

Digambarkan sebagai kejar-kejaran yang datar dan berhalusinasi, film ini mengikuti keluarga Petrov saat mereka berjuang melewati hari lain di negara di mana masa lalu tidak pernah berlalu, masa kini adalah mimpi kekerasan dan kelembutan yang dipenuhi minuman keras. Film ini menampilkan pemeran Semyon Serzin, Chulpan Khamatova, Yulia Peresild, Yura Borisov, dan Yuri Kolokolnikov, 

A Hero 

Film ini adalah sebuah film yang ditulis dan disutradarai oleh pembuat film Iran Asghar Farhadi , dan dibintangi oleh Amir Jadidi dan Mohsen Tanabandeh. Pada Juni 2021, film tersebut terpilih untuk bersaing memperebutkan Palme d'Or di Festival Film Cannes 2021.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait