Winky Wiryawan dan Eka Gustiwana Kolaborasi Lewat Eka Winky Project

Ari Kurniawan Jumat, 23 Juli 2021 14:00:06
Winky Wiryawan dan Eka Gustiwana berkolaborasi dalam proyek musik yang diberi nama Eka Winky Project. (dok.IST)

TABLOIDBINTANG.COM - Lagu berjudul "Summer Tears" menandai kolaborasi Winky Wiryawan dan Eka Gustiwana dalam proyek musik yang diberi nama Eka Winky Project. 

Winky dan Eka menyebut Summer Tears sebagai lagu yang berbeda dari yang sebelumnya pernah mereka keluarkan. Lewat lagu ini keduanya mencoba menggali warna musik baru, dengan tetap menjadikan musik pop sebagai benang merah.

"Gue kan banyak di rumah, jadi gue banyak ngulik genre musik apapun sampai gue sekolah musik online, karena gue ingin tahu jazz fusion gimana, metal gimana. Sampai akhirnya ada ide, 'Lo mau nggak kolaborasi sama Eka', gue sudah lama tahu Eka, gue langsung nggak nolak," cerita Winky Wiryawan, dalam konferensi pers virtual, Kamis (22/7).

Setelah berdiskusi, Winky dan Eka sepakat menciptakan lagu elektronik, namun tetap mengandung unsur pop yang kuat. "Gue sama Eka gimana caranya kami bikin satu musik yang popnya rada Barat, tapi nadanya rada melayu," lanjut Winky. 

Sejumlah elemen musik dimasukkan Winky di lagunya kali ini, hingga terdengar sangat unik.

"Ada kocokan yang gue ambil dari elemen Betawi, hal-hal seperti itu, ada juga kocokan nada yang sedikit reggae. Eka terkenal dengan musik tradisional yang di-combine, gue juga masih ingin stay di gitar," paparnya.

Antusiasme juga diluapkan Eka Gustiwana. Dalam proses kreatif Summer Tears, Eka leluasa bereksperimen, mencampurkan berbagai jenis musik, hingga ia sendiri kesulitan untuk mengkategorikan lagunya dalam sebuah genre. 

"Summer Tears itu gabungan semuanya benar-benar kami sendiri sulit menemukan ini genre spesifiknya seperti apa. Kocokan gitarnya ada ska, reggae, perkusinya ada Latin, tapi ada yang pop banget," Eka menjelaskan. 

Summer Tears dari Eka Winky Project sekaligus merupakan proyek musik pertama yang dirilis di bawah Floor Inc., sub-label dari Sony Music Indonesia yang berfokus pada musik dansa (dance) dan elektronik.


Penulis Ari Kurniawan
Editor Ari Kurniawan
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore