3 Band Papan Atas Indonesia yang Tidak Pernah Bongkar Pasang Personel, Ada yang Terkenal Sampai Amerika

Indra Kurniawan Senin, 26 Juli 2021 10:30:56
Padi Reborn. (dok.IST)

TABLOIDBINTANG.COM - Bongkar pasang personel tampaknya sudah menjadi hal lumrah dalam sebuah band. Namanya banyak kepala, tentu banyak aspirasi, visi, dan kepentingan yang pada akhirnya dapat memicu konflik yang berujung pada perpecahan.

Hebatnya, di Indonesia ada 3 band atas yang sejak awal solid, mampun menjaga formasi awal tanpa pergantian personel. Mereka sekalipun ada masalah, tetap kompak membesarkan band yang sudah mereka bangun dengan susah payah. Mau tahu siapa saja? Yuk simak daftarnya berikut ini.

1. Padi Reborn

Terbentuk pada 1997 oleh lima mahasiswa Universitas Airlangga, Surabaya: Piyu (gitar), Fadly (vokal), Ari (gitar), Yoyo (drum), dan Rindra (bas), Padi yang sebelumnya bernama Soda solid sejak awal dan tetap produktif menghasilkan karya di tengah gempuran band pendatang baru. Sempat vakum beberapa lama akibat masalah internal, Padi kembali dengan Padi Reborn dan langsung merilis album keenam berjudul Indera Keenam pada Oktober 2019. Eksistensi mereka sampai saat ini terjaga lewat acara off air dan on air.

Padi Reborn. (dok.IST)
Padi Reborn. (dok.IST)

2. Superman Is Dead

Berdiri pada 1995 dengan formasi awal Jerinx (drum), Bobby Kool (gitar dan vokal), dan Eka Rock (bas), Superman Is Dead atau biasa disebut SID telah merilis beberapa album dengan personel yang sama. Loyalitas penggemar SID yang dinamakan Outsiders (untuk laki-laki) dan Lady Rose (perempuan) memang luar biasa. Tidak mengherankan jika konser-konser mereka tak pernah sepi penonton. Rasa persaudaraan yang kuat tampaknya menjadikan hubungan antar personel erat dan tak terpisahkan walau salah satu personelnya tertimpa kasus hukum beberapa waktu lalu.

Superman Is Dead. (dok.IST)
Superman Is Dead. (dok.IST)

3. The S.I.G.I.T

The Super Insurgent Group of Intemperance Talent atau yang biasa dikenal The S.I.G.I.T. merupakan grup band asal Bandung yang terbentuk pada 1997. Sejak awal berdiri formasi awal mereka tak berganti malah kini bertambah satu personel. Mereka yang mengawal The S.I.G.I.T sejak awal berdiri adalah Acil Armando (drum), Aditya Bagja Mulyana (bas), Farri Icksan (gitar), dan Rekti Yoewono (vokal dan gitar). Sedangkan Absar Lebeh (gitar) bergabung belakangan, tepatnya setelah keluar album Detourn. Kekompakan mereka dengan karya-karya luar biasa membuat The S.I.G.I.T dikenal hingga manca negara seperti Australia dan Amerika Serikat.

The S.I.G.I.T. (dok.IST)
The S.I.G.I.T. (dok.IST)
 

(ind)

 


Penulis Indra Kurniawan
Editor Ari Kurniawan
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore