Malam Ini Penentuan Top 6 Grup 1 LIDA 2021, Nassar Idolakan Duta Provinsi dari Kalimantan Tengah

Indra Kurniawan | 13 Agustus 2021 | 16:55 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Usai babak Top 9, kini kompetisi dangdut terbesar di Indonesia, LIDA 2021 memasuki babak Top 6. Enam Duta Provinsi terbaik akan bersaing habis-habisan untuk memperebutkan gelar Juara LIDA 2021 dengan total hadiah senilai Rp1 Miliar.

Keenam Duta Provinsi tersebut telah dibagi menjadi dua grup yakni dari Grup 1 terdiri dari Faisal (Kalimantan Tengah), Ratna (Kalimantan Selatan), dan Rio (Sumatera Barat). Sementara Anting (Daerah Istimewa Yogyakarta), Iqhbal (Sumatera Barat), dan Sulis (Nusa Tenggara Barat) ada di Grup 2.

Konser LIDA 2021 Top 6 Grup 1 Show yang disiarkan langsung Indosiar Kamis (12/8) malam mulai pukul 20.30 WIB, Faisal, Ratna, dan Rio tampil sebanyak dua kali yakni solo dan trio dengan mengusung tema "Dangdut Mendunia".

Ratna membuka kompetisi lewat tembang “Renungkanlah” dengan menyisipkan lirik berbahasa India di awal lagu. Penampilan Ratna diganjar empat standing ovation dari Dewan Juri yakni Inul Daratista, Nassar, Dewi Perssik, dan Reza DA, hanya Soimah yang duduk manis.

Nassar memuji penampilan Ratna yang begitu syahdu menyanyikan lagu ini hingga membuat dirinya menitikkan air mata ketika memberikan komentar. Berbeda dengan Soimah yang menilai penampilan Ratna belum sempurna.

“Ratna adalah salah satu Duta Provinsi yang paling diandalkan dan saya pun sangat mengakui kualitas vokal Ratna dengan karakter suara yang sangat bagus. Hanya saja tadi di awal lagu pada saat menyanyikan lirik berbahasa India, masih ada beberapa nada yang kurang maksimal,” ujar Soimah.

Giliran Rio sukses mengubah suasana Studio 5 Indosiar untuk berdendang bersama dengan lagu “Nirmala” yang dipadukan dengan unsur Melayu. Hasilnya Nassar dan Dewi Perssik memberikan standing ovation. Dewi Perssik mengaku sangat terpukau dengan penampilan dan tatapan Rio.

“Lagu ini memang aslinya sudah sangat susah sehingga improvisasinya tidak perlu dibuat terlalu rumit dan susah. Akan tetapi semua kembali lagi kepada selera masing-masing orang,” komentar Reza DA yang langsung ditambahkan oleh Soimah mengenai improvisasi yang dilakukan oleh Rio kurang maksimal dan berimbas kehabisan napas di akhir lagu.

Sementara itu Faisal berhasil menaklukkan panggung LIDA 2021 lewat lagu berbahasa Arab berjudul “Kullul Qulub”. Faisal tidak menyangka akan berhasil menyanyikan lagu ini dengan baik hingga menitikkan air mata karena pada saat latihan ia sempat kehilangan suara. Reza DA yang sempat merasakan ada di posisi Faisal sangat mengapresiasi perjuangannya untuk tetap tampil maksimal hingga membuat seluruh Dewan Juri memberi standing ovation.

“Saya sangat mengidolakan suara kamu. Takdir memang sesekali tidak dapat dihindari terbukti dari perjuangan kamu malam ini yang tetap mendapat apresiasi dari seluruh Dewan Juri,” puji Nassar.

Tantangan berikutnya diselesaikan oleh Faisal, Ratna, dan Rio untuk tampil dalam formasi trio menyanyikan lagu berbahasa India “Milehe Tum Hamko” namun belum berhasil mendapat satu standing ovation pun dari Dewan Juri.

"Masing-masing memiliki kesalahan di part lagu ini,” komentar Dewi Perssik yang juga ditambahkan oleh Inul Daratista menilai penampilan mereka gagal karena tidak ada penghayatan sama sekali dan terkesan hanya menghapal lagu.

Polling sementara menempatkan Ratna di posisi teratas disusul oleh Faisal, dan Rio (Sumatera Barat) di posisi terendah. Polling masih akan terus dibuka hingga malam ini di Konser LIDA 2021 Top 6 Grup 1 Result Show. Perjuangan ketiga Duta Provinsi tersebut akan disiarkan langsung oleh Indosiar mulai pukul 20.30 WIB dari Studio 5 Indosiar.

(ind)

 

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait