12 Serial India yang Tayang di Indonesia Sepanjang 2014, Urut Tanggal Rilis (1)

Panditio Rayendra Rabu, 24 Desember 2014 16:20:34

TABLOIDBINTANG.COM - SEKITAR satu dasawarsa terakhir, program buatan anak negeri bisa dibilang merajai primetime.

Entah itu program sinetron, ajang cari bakat, program lawak, talkshow, atau variety show asli Indonesia, menjadi penguasa primetime. Kalau pun ada tayangan asing yang berjaya, seperti serial Korea, biasanya tayang bukan pada saat primetime.

Tahun 2014 ini, terjadi perubahan besar. Program sinetron atau variety show kini harus menghadapi kedigdayaan serial India. Tanpa diduga, serial drama buatan India mampu menghipnotis pemirsa TV. Terbukti perolehan rating dan share yang tinggi.

Sepanjang 2014 ini, ada 12 serial India yang tayang di Indonesia. Apa sajakah itu?

(ray/gur)

MAHABHARATA

MAHABHARATA

Kisah perseteruan Pandawa melawan Kurawa ini cukup familiar bagi masyarakat Indonesia. Selain serial versi tahun 80-annya pernah tayang di TPI, kisah Mahabharata juga populer di kalangan pecinta wayang.
ANTV menayangkan Mahabharata versi 2013 sejak 17 Maret 2014. Inilah serial yang memelopori demam India di Indonesia. Penayangan Mahabharata di India sudah berakhir sejak Agustus 2014. Kini para pemain utamanya menjadi pengisi acara program in-house ANTV, seperti The New Eat Bulaga Indonesia dan Panah Asmara Arjuna.

MAHADEWA

MAHADEWA

Mahabharata mendapat respon bagus, ANTV dengan sigap menambah slot serial India. Dipilih judul Mahadewa. Di negaranya, serial ini tayang tiga tahun, Desember 2011-Desember 2014. ANTV mulai menayangkan serial yang mengisahkan tentang Dewa Siwa ini pada 2 Juni 2014. Ada beberapa pemain Mahabharata yang juga main di Mahadewa, seperti Saurabh Raj Jain.

THE ADVENTURES OF HATIM

THE ADVENTURES OF HATIM

Serial India ketiga yang mengisi slot primetime ANTV adalah The Adventures of Hatim. Hatim tayang sejak 2 Juli 2014. Berbeda dengan dua pendahulunya yang di negara asalnya juga tayang harian, Hatim aslinya serial mingguan. Namun di ANTV, serial ini dipangkas durasinya dan dibuat stripping. Meski tak seprima Mahabharata atau Mahadewa, serial aksi-fantasi yang mengisahkan Pangeran Persia ini juga stabil mendapat share di kisaran 12-14.

JODHA AKBAR

JODHA AKBAR

Jodha Akbar tayang di ANTV sejak 14 Juli 2014. Jodha Akbar merupakan kisah pendiri bangunan megah India, Taj Mahal. Di negaranya, serial ini meraih rating tinggi, meski tak lepas dari kontroversi karena sebagian kalangan menganggap ceritanya terlalu melenceng.

Jodha Akbar lebih banyak mengupas kisah cinta dan konflik keluarga kerajaan Mugal. Perlahan tapi pasti, rating dan share Jodha Akbar berhasil melampaui perolehan Mahabharata!


Penulis Panditio Rayendra
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore