Erwin Gutawa Percaya Yura Yunita Mampu Hidupkan Lagi Lagu Tak Kuduga

Ari Kurniawan | 19 September 2021 | 23:59 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Erwin Gutawa berkolaborasi dengan penyanyi Yura Yunita untuk menghidupkan lagi lagu berjudul "Tak Kuduga", yang pernah populer di era 1980-an. Lagu tersebut diciptaan Erwin Gutawa bersama Lulu Gutawa dan dipopulerkan pertama kali oleh Ruth Sahanaya, pada 1989. 

Tak Kuduga menjadi sebuah interpretasi baru Erwin Gutawa terhadap musik tahun 1980-an dengan balutan yang modern. Lagu tersebut dikemas lebih segar tanpa melupakan unsur nostalgia, menggunakan sound dan teknologi kekinian. Tak Kuduga diproses mixing oleh Eko Sulistiyo, lalu mendapat sentuhan proses audio mastering oleh Chris Gehringer, seorang penata suara ternama dari Amerika yang termasuk dalam nominasi Grammy Awards. 

"Nuansa beat, melodi dan progresi chord musik 1980an memang punya ciri khas yang istimewa," kata Erwin Gutawa, Minggu (19/9). Ayah Gita Gutawa itu menilai Yura Yunita merupakan penyanyi yang tepat untuk membawakan kembali lagu Tak Kuduga.

Erwin Gutawa menilai Yura Yunita mempunyai suaranya khas. "Energinya juga sangat menular. Saya sangat excited bisa bekerja sama," jelas musisi berkaca mata itu.
 
Lebih lanjut Erwin Gutawa mengatakan lagu Tak Kuduga juga dirilis dengan versi spatial audio, sebuah sensasi baru dalam mendengarkan musik, diproses dengan teknologi Dolby Atmos, layaknya film. 

Teknologi tersebut melibatkan penempatan sumber suara virtual di mana saja dalam ruang tiga dimensi, termasuk di belakang, di atas atau di bawah pendengar. Dan sensasi ini dapat diperdengarkan menggunakan earphone atau headphone. 

Versi baru Tak Kuduga diharapkan tak hanya dapat membangkitkan nostalgia, tetapi juga sebagai bentuk adaptasi dan upaya melestarikan karya musik Indonesia dahulu dan kini. Lagu tersebut sekaligus menjadi gerbang jelang dirilisnya karya-karya musik Erwin Gutawa berikutnya.
 

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait