Dulu Dikenal Sebagai Raja dan Ratu Dangdut, Rhoma Irama Ungkap Penyebab Pisah dari Elvy Sukaesih

Supriyanto Senin, 20 September 2021 23:00:23
Rhoma Irama dan Elvy Sukaesih adalah pasangan penyanyi dangdut legendaris yang populer di tahun 1970 sampai 1980-an. (Istimewa)

TABLOIDBINTANG.COM - Rhoma Irama dan Elvy Sukaesih adalah pasangan penyanyi dangdut legendaris yang populer di tahun 1970 sampai 1980-an. Di masa itu mereka berada pada puncak kejayaan industri musik hingga dijuluki Raja dan Ratu Dangdut. Duet Rhoma-Elvy menghasilkan puluhan lagu dangdut hits sepanjang masa.

Namun, kesuksesan mereka sempat redup lantaran keduanya berpisah, hingga memilih berkarir dengan jalan masing-masing. Saat ditanya apa penyebab perpisahannya, Rhoma Irama mengaku tidak ingat apa yang terjadi kala itu.

"Soal ini, kenapa kami pisah, kisahnya juga saya enggak ngerti ya," kata Rhoma Irama saat ngobrol santai di podcast channel YouTube Bisikan Rhoma yang dipandu Encek Gaul belum lama ini.

Rhoma Irama kemudian berusaha mengingat momen-momen penting yang berdekatan dengan waktu perpisahanya dari Elvy Sukaesih. Ayah Ridho Rhoma itu mengingat, pisah dengan Elvy berkaitan dengan hengkangnya dari Orkes Melayu Purnama pimpinan Awab Purnama.

Rhoma Irama (Supriyanto/tabloidbintang.com)
Rhoma Irama (Supriyanto/tabloidbintang.com)

Duet Rhoma dan Elvy muncul sebelum dibentuknya Soneta dan si Raja Dangdut masih bergabung dengan Purnama. Saat di Purnama, Rhoma Irama mengaku banyak produser yang memintanya untuk keluar dan membentuk grup sendiri.

"Jadi waktu itu banyak produser yang minta, termasuk Amin itu, saya enggak mau. Pokoknya sama Awab. Pendek cerita kemudian Pak Amin menemui ibu saya, saya akhirnya enggak bisa melawan ibu. Akhirnya saya mau karena ibu yang minta. Daripada, 'kalau enggak lu enggak usah minta doa lagi sama gue'. Begitu kira-kira. Pisahlah saya sama Purnama, sama Awab," beber Rhoma Irama.

Namun hengkangnya Rhoma dari Purnama dan membentuk Soneta, dirinya masih mengeluarkan beberapa karya lagu bersama Elvy Sukaesih. Rhoma pun bingung apa yang membuatnya harus berpisah dari Elvy selama kurang kebih 26 tahun.

"Di Soneta kami masih duet, ada lagu 'Ratu dan Raja', dan beberapa album. Dari situ enggak lama, berpisah lah kami. Wallahualam, saya lupa kenapa-kenapanya. Berpisah sampai kurang lebih 26 tahun, kemudian dipertemukan lagi di pentas," ungkap Rhoma Irama.

Rhoma Irama juga membocorkan, selama eksis sebagai penyanyi cuma Elvy Sukaesih saja yang akrab dan manja tehadapnya. "Elvy doang yang begitu, yang lain enggak ada yang berani," ucap Rhoma Irama disambut tawa Elvy Sukaesih yang juga menjadi bintang tamu.

"Tapi sebelum 26 tahun kita pernah ketemu di daerah Parung, nyanyi lewatin pematang. Di situ lagu lagi ngetop-ngetopnya 'Datang Untuk Pergi'. Karena yang punya hajat itu ingin nyanyi Rhoma dan Elvy. Kita ketemu dan aku liat ente kayak gimana gitu," kenang Elvy Sukaesih.

(pri)

 


Penulis Supriyanto
Editor Binsar Hutapea
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore