Berharap Cinta, Lagu Baru Bukti Eksistensi ADA Band di Industri Musik

Ari Kurniawan | 6 Oktober 2021 | 06:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Setelah Donny Sibarani mundur, ADA Band tetap eksis di industri musik Indonesia bersama vokalisnya yang baru, Indra Sinaga. Bersama mantan vokalis band Lyla itu, ADA Band telah menelurkan dua single, yakni Tak Lagi Cinta dan Senandung Lagu Cinta (New Version).

Kini, grup yang juga dikomandoi oleh Dika, Marshal, dan Adhy itu kembali merilis lagu berjudul Berharap Cinta. Lagu tersebut sekaligus menjadi penerus konsep Love Hope Reality yang diusung ADA Band menuju album baru nantinya.

"Hope itu kan harapan, kan macam-macam ya mimpi, cita-cita, apapun itu yaa termasuk harapan ke pasangan hidup. Jadi kebetulan Ada Band selalu romance, jadi hope itu kita menceritakan tentang cinta pada kekasihnya," kata Dika, saat perilisan lagi Berharap Cinta, yang berlangsung secara virtual, baru-baru ini. 

Lagu Berharap Cinta bercerita tentang bagaimana perasaan seseorang yang pernah menyia-nyiakan kehadiran sang kekasih. Pada suatu titik, ia merasa begitu kehilangan dan sangat merindukan masa-masa bersama dengan kekasihnya tersebut hingga muncul kembali harapan agar semua bisa kembali seperti dulu.

Perasaan kehilangan dan harapan ingin kembali bersama itu lantas dikemas dalam balutan nada melodius yang terdengar manis dengan beragam balutan aransemen piano, orkestra dan sound maskulin khas ADA Band. Menariknya, untuk lagu Berharap Cinta ini ADA Band mempergunakan teknologi Dolby Atmos dalam saat proses mixing dan mastering-nya. Tak ayal, hal itu akan memberikan pengalaman berbeda ketika lagu tersebut didengarkan.

"Secara teknik rekaman sama, cuma lebih ke proses mixing. Ada istilahnya isolate, jadi ada vokal sendiri, ada piano, gitar, bass, orkestra itu dibagi. Jadi kayak ada 5 sampai 8 speaker di sekitar kita, seperti nonton live. Digital platform yang mengakomodir (Dolby Atmos) saat ini baru Apple Music," terang Dika. "Rilisan musik di Indonesia sendiri memang masih dikit yang menggunakan teknologi dolby atmos," Naga menimpali.

Sama seperti lirik lagu yang dikaitkan dengan konsep Love Hope Reality, music video yang dibuat pun memiliki benang merah dari video music Tak Lagi Cinta yang merepresentasikan kata Love dalam konsep tersebut. Naga menyebut jika music video untuk single Berharap Cinta memang memakai model yang sama dan jalan cerita yang saling berkaitan dengan klip single Tak Lagi Cinta.

"Utk MV-nya memang udah dikonsep bersambung dari Tak Lagi Cinta yang rilis Januari dan ini, Berharap Cinta. Cecara konsep (music video) Tak Lagi Cinta, Berharap Cinta dan lagu yang mewakili Reality nantinya akan berkaitan," terang Naga.

Perilisan lagu Berharap Cinta sendiri diharapkan bisa jadi mengobat rindu para Arm-ADA, sebutan penggemar ADA Band. Di bawah naungan Astaswara Kreasindo yang merupakan sebuah perusahaan rekaman yang berbasis di Surabaya, Jawa Timur. Selain ADA Band, Astaswara Kreasindo juga menaungi Bodaz, Sarasputri sebagai talent di industri musik Indonesia.

Dengan kerjasama yang terjalin sejak akhir 2020 lalu bersama Astaswara, ADA Band ingin memberikan sinyal pada pendengar musik tanah aie jika band yang sudah berdiri sejak 1996 itu tetap eksis di belantika musik tanah air. "Mudah-mudahan kita selalu mewakili perasaan pendengar kita. Jadi kita selalu menyampaikan kerinduan penggemar untuk lagu-lagu ADA band," harap Dika.
 

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait