Yankjay Nugraha Garap Lagu Instrumen Daydreams, untuk Penderita Mental Illness

Supriyanto | 21 Oktober 2021 | 01:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Musisi Yankjay Nugraha yang dikenal sebagai gitaris pengiring untuk penyanyi terkenal seperti Isyana, Afgan hingga Fadly (Padi) n Friends sedang mempersiap karya instrumental solo gitar bertajuk "Daydreams". Rencananya, "Daydreams" dirilis pada 24 Oktober 2021 mendatang.

Yankjay menceritakan, "Daydreams" diciptakan berdasar pengalaman pribadi sebagai penderita salah satu mental illness yaitu anxiety disorder atau gangguan kecemasan berlebih.

Gitaris yang sudah lama berkecimpung di industri musik itu pun berharap, karyanya bisa membuat rasa nyaman dan ketenangan bagi orang-orang yang menderita mental illness bisa mendapatkan ketenangan.

Apalagi, lagu "Daydreams: dibuat dengan petikan gitar saja tidak ada suara alat musik yang lain. Sehingga, para penderita mental illness bisa lebih tenang ketika mendengarkan lagu "Daydreams" ini.

"Itu aja yang kemarin dari pengalaman sebagai penderita mental ilness. Semoga menjadi sound therapy bagi yang sedang dilanda anxiety, panik, stres, dan depresi," ujar Yankjay kepada wartawan, Selasa (19/10).

Bagi Yankjay, menggarap Daydreams tidak membutuhkan waktu lama. Mengingat, alat musik yang digunakan Yankjay hanya menggunakan gitar saja.

"Prosesnya tidak begitu lama, balik lagi karena ini instrumental fingerstyle. Jadi, rekaman pun hanya beberapa kali one take, dipilih yang bagus lalu bungkus,"

Meskipun proses rekaman yang cukup singkat, tetapi Yankjay mengaku tetap mendapatkan kesulitan disaat menggarap lagu tersebut.

"Yang susah adalah feel bermainnya, karena hanya instrumental gitar saja jadi feel-nya harus terasa," pungkas Yankjay.

Selain dikenal sebagai session player penyanyi top Indonesia, Yankjay juga pernah membuat grup musik bersama Indro Hardjodikoro yang diberi nama Hei Band. Tak sampai di situ saja, Yankjay juga pernah menjadi band pengiring bersama mendiang Yockie Suryoprayogo dalam konser Badai Pasti Berlalu.

   

 

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait