Semifinal Pertama Piala AFF Suzuki Singapura vs Indonesia Malam Ini, Ikatan Cinta Minggir Dulu

Indra Kurniawan | 22 Desember 2021 | 09:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Semifinal Leg 1 Piala AFF Suzuki yang mempertemukan Singapura vs Indonesia dihelat malam ini, Rabu (22/12). Laga penting ini disiarkan langsung oleh RCTI dan iNewsTV dari Stadion National Singapura mulai pukul 19.30 WIB.

Menilik rekor pertemuan kedua kesebelasan di Piala AFF, tim berjuluk The Lions memiliki catatan lebih baik dari Indonesia. Dari sembilan kali bertemu, Singapura mengantongi empat kemenangan sementara Indonesia tiga kemenangan, dua laga lainnya berakhir imbang.

Terakhir Singapura dan Indonesia bertemu di Piala AFF 2018. Kala itu Singapura menang tipis oleh gol semata wayang Harris Harun. Tentu, perjumpaan malam nanti menjadi kesempatan emas bagi Evan Dimas dkk untuk memperbaiki catatan tersebut.

Sebagai juara Grup B, Indonesia tentu di atas angin. Terlebih dalam penampilan terakhir saat membantai Malaysia 4-1 menuai decak kagum se-Indonesia Raya. Namun Timnas tentunya tak boleh lengah.

Kekuatan Singapura kali ini tak mengalami banyak perubahan ketimbang tiga tahun lalu. Nama-nama seperti Irfan, Ikhsan Fandi, Safuwan Baharudin, Faris Ramli, Harris Harun hingga pemain yang dipastikan absen pada laga hari ini Shakir Hamzah dan Gabriel Quak, masih mengisi skuad Negeri Singa saat ini.

Kekuatan Singapura bertambah lantaran bermain di depan publik sendiri. Dukungan dari penonton tentu bakal menambah semangat anak-anak asuh Tatsuma Yoshida untuk memberikan penampilan terbaik. Ini kali pertama Singapura melaju ke Semifinal setelah terakhir pada 2012, yang berujung pada gelar juara.

Sementara bagi Indonesia ini semifinal ke-9. Dalam delapan kesempatan sebelumnya, timnas Indonesia tercatat berhasil lima kali menembus final Piala AFF namun tak sekalipun meraih gelar juara. Singapura sendiri sudah meraih 4 gelar juara selama penyelenggaraan Piala AFF sejak 1996.

Evan Dimas, Fachrudin Aryanto, dan Dedik Setiawan yang pernah menghadapi Singapura pada pertemuan terakhir 2018 lalu dan kini menjadi anak asuh Shin Tae-yong, harusnya sudah bisa membaca gaya permainan mereka. Timnas Indonesia harus siap mental bermain di stadion kebanggaan publik Singapura. Ayo dukung tim Garuda!

(ind)

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait