Lirik Shake It Off Dituding Menjiplak, Taylor Swift Mengajukan Mosi untuk Menolak Gugatan

Indra Kurniawan | 30 Desember 2021 | 05:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Taylor Swift telah mengajukan langkah pembelaan baru untuk menolak gugatan yang menuduhnya menjiplak sebuah frasa dalam lagu hit "Shake It Off" yang dirilis 2014.

Komposer Sean Hall dan Nathan Butler pada 2017 mengklaim penyanyi 32 tahun itu menjiplak baris dari lagu mereka "Playas Gon' Play" yang ditulis untuk girl band 3LW pada 2001 yang sekarang sudah tidak ada.

Melansir Billboard, mereka mengklaim pelanggaran hak cipta atas dua baris dari hit single Swift "Cause the players gonna play, play, play, play, play” dan “haters gonna hate, hate, hate, hate, hate”.

"Playas Gon' Play", yang ditulis Sean Hall dan Nathan Butler, menyertakan lirik players, they gonna play, and haters, they gonna hate. Hall dan Butler menyebut kombinasi playas atau players dengan hatas atau haters adalah hal unik yang digunakan dalam lagu mereka.

Dua minggu setelah pengadilan menolak gugatan yang menuduh Swift menjiplak lirik lagu tersebut, penasihat hukum Swift meminta hakim untuk memikirkan kembali penilaiannya. Penasihat Swift berpendapat tidak ada pengadilan lain yang pernah mengizinkan kasus semacam itu untuk dilanjutkan ke pengadilan.

Namun, dalam mosi baru penasihat hukum Swift mencoba membalikkan temuan bahwa Hakim Fitzgerald membuat kesalahan nyata dalam analisisnya. Mereka mengklaim hakim gagal menggunakan apa yang disebut tes ekstrinsik undang-undang hak cipta - prosedur di mana pengadilan menyaring konten yang tidak dilindungi oleh hak cipta sebelum membandingkan kedua lagu tersebut.

Sementara itu, seorang pengacara untuk Hall dan Butler mengatakan kepada Billboard pada Selasa (28/12) mosi Swift tidak berdasar. Mosi Swift tersebut akan didengar pada sidang resmi pada 7 Februari 2021 di Los Angeles.

(ind)

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait