Misi Mustahil Indonesia Menang 5-0 Atas Thailand di Final Piala AFF Leg 2 Malam Ini

Indra Kurniawan Sabtu, 1 Januari 2022 14:00:23
Timnas Indonesia. (Instagram)

TABLOIDBINTANG.COM - Kekalahan telak atas Timnas Thailand di Leg 1 Final AFF pada Rabu (29/12) lalu menipiskan peluang Timnas Indonesia merebut gelar juara untuk pertama kalinya. Beban teramat berat dipikul Evan Dimas dkk guna membalikkan keadaan pada Leg 2 yang dihelat malam ini, Sabtu (1/1).

Piala AFF 2020 seharusnya menjadi ajang pembuktian tim asuhan Shin Tae-yong. Tampil prima pada fase grup dengan menjadi juara grup, Tim Garuda memetik 3 kali kemenangan dan 1 kali berimbang dengan total 10 poin. Indonesia menang selisih gol atas Vietnam yang menempati runner up.

Pada babak Semifinal Indonesia mengungguli Singapura dengan agregat 5-3, setelah berimbang 1-1 di leg 1. Lolos final Indonesia mendapat tantangan berat dari Thailand. Benar saja, pada Leg 1 di Stadion Nasional Singapura, Indonesia dibantai 4 gol tanpa berbalas.

Empat gol timnas Thailand masing-masing dicetak oleh Chanathip Songkrasin pada menit ke-2 serta 52, Supachok Sarachat (67'), dan Bordin Phala (83'). Berdasarkan statistik, Timnas Indonesia Kalah segala-segalanya dari Thailand. Organisasi permainan Thailand pun terlihat lebih rapi, sampai-sampai Indonesia hanya dibuat bertahan total.

Tugas berat menanti skuad Garuda, yang wajib menang dengan selisih lima gol untuk keluar sebagai juara. Artinya, Indonesia mesti menang dengan skor 5-0, 6-1, 7-2, 8-3 atau seterusnya untuk menyegel gelar juara Piala AFF 2020. Memang sangat kecil peluangnya.

Dari 13 kali pertemuan di Piala AFF, Timnas Indonesia tidak pernah menang atas tim Gajah Perang dengan margin lebih dari satu gol. Malah dari 3 pertemuan di Final, Indonesia selalu menelan kekalahan.

Janji Shin Tae-yong yang akan bermain lebih baik ketimbang leg I harus dibuktikan di lapangan. Semangat saja tidak cukup. Hal itu harus dibarengi ketenangan dan organisasi permainan yang apik dari para pemain. Indonesia bukan tidak pernah menang 5-0 atas Thailand.

Empat puluh enam tahun lalu, tepatnya 12 Juni 1975, Indonesia menang 5-0 atas Thailand di ajang Jakarta Tournament. Itu satu-satunya kemenangan Indonesia atas Thailand dengan margin 5 gol.

(ind)


Penulis Indra Kurniawan
Editor Binsar Hutapea
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore