Indonesia Runner Up Lagi, Thailand Tegaskan Dominasi di Piala AFF

Indra Kurniawan Sabtu, 1 Januari 2022 22:00:28
Timnas Indonesia kembali gagal meraih gelar juara Piala AFF.

TABLOIDBINTANG.COM - Timnas Indonesia kembali gagal meraih gelar juara Piala AFF. Pada Leg 2 Final Piala AFF 2020 yang dilangsungkan di Stadion Nasional Singapura, Sabtu (1/1), tim Garuda hanya mampu menahan imbang Timnas Thailand dengan skor 2-2.

Dua gol Thailand dibuat oleh Adisak Kraisorn pada menit 54 dan Sarach Yooyen (56'). Sementara gol Indonesia dicetak Ricky Kambuaya (7') dan Egy Maulana Vikri (80'). Hasil tersebut mengantarkan Thailand menyabet juara Piala AFF untuk keenam kalinya.

Secara agregat Thailand unggul 6-2 dari Indonesia. Lima trofi sebelumnya diraih tim Gajah Perang pada 1996, 2000, 2002, 2014, dan 2016. Hal ini menjadikan Thailand menjadi juara terbanyak di antara empat timnas yang pernah tampil sebagai kampium: Singapura (4 kali), Vietnam (2), dan Vietnam (2).

Sebaliknya Indonesia menggenapi kegagalannya menjadi juara Piala AFF untuk keenam kali. Empat kali dikalahkan Thailand, satu kali Singapura, dan satu kali Malaysia. Sampai kapan penantian Timnas Indonesia untuk menjadi juara di Piala AFF bisa berakhir?

Terlepas dari hasil akhir Leg 2, usaha anak-anak asuh Shin Tae-yong patut diapresiasi. Sejak menit pertama, tim Garuda sudah berani keluar menyerang dan memberi tekanan pada Thailand. Tak seperti pada Leg 1, Thailand begitu terlihat sangat mendominasi permainan.

Berdasarkan statistik, Indonesia melakukan penguasaan bola 36 persen berbanding 64 persen, percobaan tendangan ke arah gawang sebanyak 2 kali berbanding 5 kali, tendangan sudut 4 kali berbanding 7 kali. Timnas Indonesia berpeluang bangkit di Piala AFF berikutnya yang hingga kini belum ditentukan tanggal mainnya. 


Penulis Indra Kurniawan
Editor Ari Kurniawan
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore